Jerawat Punggung Kerap Muncul, Kenali Pemicunya

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 4 Januari 2019 11:41
Jerawat Punggung Kerap Muncul, Kenali Pemicunya
Kondisinya tertutup dan selalu lembap, tak heran kalau bakteri pemicu jerawat sangat mudah berkembang biak.

Dream - Jerawat bukan hanya bisa muncul di wajah, tapi juga area punggung. Meski berada di bagian tubuh yang tertutup tentu saja jerawat ini sangat menganggu. Terutama jika tumbuh sangat banyak, gatal dan perih.

Punggung jadi bagian tubuh yang sangat mudah berkeringat. Kondisinya tertutup dan selalu lembap.

Tak heran kalau bakteri pemicu jerawat sangat mudah berkembang biak. Jerawat punggung ini sebenarnya bisa cepat mereda jika kita menjaga kebersihan tubuh.

Jika punggung kerap kali ditumbuhi jerawat, sebaiknya Sahabat Dream menghindari empat pemicunya berikut.

1. Penyumbatan

Penggunaan kondisioner, tabir surya, lotion, dan minyak pijat dapat menyumbat pori-pori, yang menyebabkan timbulnya jerawat di punggung. Untuk menghindarinya, balikkan rambut ke depan dan bilas ke depan untuk menghindari sisa sampo dan kondisioner yang tertinggal di punggung.

Pilihlah tabir surya yang berlabel " ultra ringan" atau " cepat kering" . Gunakan juga pelembap kulit yang memiliki kandungan sedikit kandungan minyak demi mengurangi penyumbatan.

1 dari 3 halaman

2. Ganti Pakaian Setelah OIahraga

Berolahraga hingga mengeluarkan keringat memang sangat bagus untuk tubuh, namun hal itu juga dapat menyebabkan jerawat. Gesekan dari bra olahraga yang ketat dapat mengiritasi folikel rambut, yang akan menimbulkan iritasi.

 Tips Memilih Busana Olahraga untuk HijabersTips Memilih Busana Olahraga untuk Hijabers © © MEN

Asisten profesor klinis dermatologi di The University of Louisville, Tami Cassis M.D. menyarankan untuk membersihkan seluruh tubuh setelah berolahraga.


" Setelah latihan harus mandi, beraktivitas dengan bra yang basah setelah olahraga akan dengan mudah meicu jerawat," ujar Cassis, seperti dikutip dari GoodHouseKeeping.

2 dari 3 halaman

3. Konsumsi Makanan Tak Sehat

Apa yang baik untuk jantung, juga baik untuk kulit. Jadi, saatnya menyingkirkan makanan junk food dari daftar makanan favorit.

Mulailah konsumsi makanan sehat dan seimbang. Beberapa dokter kulit menyarankan untuk mengurangi jumlah konsumsi produk susu harian untuk mengurangi risiko tumbuhnya jerawat.

3 dari 3 halaman

4. Tidak Bersihkan Punggung

Punggung merupakan salah satu area yang paling rawan jerawat. Jadi, pastikan untuk merawatnya seperti merawat kulit wajah.

Rajin membersihkan area punggung akan menjaga folikel tetap bersih dan tidak tersumbat, yang dapat mengurangi timbulnya jerawat.

 Atasi Gangguan Jerawat di Punggung dengan Langkah Mudah IniAtasi Gangguan Jerawat di Punggung dengan Langkah Mudah Ini © © MEN

Mandi dua kali sehari, gunakan sabun yang mengandung formula antibakteri. Rutinlah menyikat punggung dengan spons atau sikat khusus.

(Ism, Laporan: Mega Rasmiyati)

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna