Kenali Kista Cokelat, Si Lengket Penyebab Susah Hamil

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Sabtu, 22 Desember 2018 08:00
Kenali Kista Cokelat, Si Lengket Penyebab Susah Hamil
Jika sulit hamil, bisa jadi ada kista yang mengintai di dalam tubuh.

Dream - Ada banyak faktor penyebab sulit hamil. Dari yang sepele hingga serius, mungkin saja Anda mengidap penyakit.

Kista endometriosis atau yang lebih dikenal dengan kista cokelat menjadi salah satu penyebab sulit hamil. Kista ini terbuat dari jaringan rahim (endometrium) dan muncul pada tempat yang tidak seharusnya.

" Ada sel dinding rahim yang nyasar ke tempat lain, ini yang dinamakan kista. Dapat ditemukan di mana saja, bahkan di paru-paru," ujar Beeleoni, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Konsultan di Jakarta, Selasa 18 Desember 2018.

Endometriosis merupakan jenis kista yang paling menyusahkan. Sebab, strukturnya sangat lengket sehingga mudah menempel dengan organ lain.

Selain nyeri, kista juga bisa menjadi penyebab infertilitas. Sebanyak 20-50 persen wanita memiliki gangguan endometriosis, dan sebanyak 30-50 persennya mengalami infertilitas.

Jaringannya dapat merusak ovarium sehigga tidak mampu memproduksi sel telur dengan normal.

Di beberapa kasus, kista ini dapat menyebabkan pendarahan tidak normal ketika wanita sedang mengalami haid, contohnya pendarahan di paru-paru.

Penyebabnya masih belum jelas. Obatnya dapat berupa terapi hormon yang memperlambat pertumbuhan kista. Prosedur operasi juga dapat dilakukan.

" Hanya saja, operasi juga bisa memperkecil potensi hamil. Proses pengangkatan kista seringkali memangkas jumlah sel telur atau menyebabkan ovarium yang harus diangkat," ia menambahkan.

Beri Komentar