Susah Tidur di Malam Hari? Coba Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Jika Suka Insomnia

Reporter :
Rabu, 19 Januari 2022 17:12
Susah Tidur di Malam Hari? Coba Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Jika Suka Insomnia
Berikut ada beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi agar bisa tidur lebih nyenyak!

Dream - Sekuat apapun tenaga manusia akan tetap membutuhkan tidur. Jam tidur yang cukup dan berkualitas akan mengembalikan kebugaran tubuh di keesokan harinya.

Mereka yang menjalani hidup dengan waktu tidur yang cukup cenderung kebal terhadap paparan penyakit. Mood juga akan lebih terjaga dibandingkan mereka yang setiap hari hanya mendapat waktu tidur cukup. 

Lama tidur yang dianggap berkualitas dan baik untuk tubuh adalah 7-9 jam sehari. Meski sudah diketahui banyak orang, dalam kenyataan banyak yang susah membawa tubuhnya tidur karena beragam alasan. 

Ada banyak hal yang dapat membuat tidur tidak pulas. Selain kebiasaan menonton atau memainkan gawai sebelum tidur, faktor yang jarang disadari adalah jenis makanan yang dikonsumsi.

Tahukah Sahabat Dream ada beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi untuk membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Berikut daftarnya mengutip laman femina.in.

 

1 dari 4 halaman

Kacang Almond

ilustrasi kacang almond© shutterstock

Kacang almond merupakan kacang-kacangan yang punya banyak manfaat untuk tubuh. Mengonsumsi kacang almond secara rutin dapat membantu kamu punya tubuh yang lebih sehat, hal tersebut karena terdapat enzim melatonin di dalam almond. Enzim ini bekerja untuk mengantur jam kerja tubuh, dan mempersiapkan kamu untuk tidur. 

Buah Ceri 

Meningkatkan melatonin yang kamu konsumsi adalah cara terbaik untuk mendapatkan tidur yang berkualitas di malam hari. Buah ceri menjadi salah satu buah yang juga punya kandungan melatonin yang tinggi. Jika dikonsumsi secara rutin, kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.  

 

2 dari 4 halaman

Teh Kamomil 

Awas! Jangan Minum Teh Saat Perut Kosong© MEN

Teh kamomil adalah salah satu teh herbal yang diketahui punya banyak manfaat baik untuk tubuh. Di dalam teh kamomil, terdapat kandungan antioksidan yang tinggi, dengan mengonsumsi ini dapat meningkatkan rasa lelah, yang membuat kamu tidur lebih nyenyak. 

Kamu dapat minum teh kamomil hangat, sebelum tidur, untuk mendapatkan tidur yang lebih baik. 

Coklat murni 

Coklat ternyata juga dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan kualitas tidur. Kandungan serotonin pada dark chocolate, atau coklat murni, membantu membuat pikiran dan tubuh lebih relaks. Dengan hal tersebut, tentu saja kamu bisa tidur lebih cepat dan nyenyak.  

3 dari 4 halaman

5 Cara Dapatkan Tidur Berkualitas dalam Waktu Singkat

Dream - Tidak hanya mengantuk, kurang tidur bisa mengundang berbagai macam penyakit. Karena, pada dasarnya tubuh kita membutuhkan waktu istirahat tujuh hingga delapan jam sehari.

Jika tidak, akan ada risiko terkena pelbagai masalah, seperti berat badan, sakit kepala, badan lelah, dan sebagainya. Karena itu kita harus mengenal cara tidur nyenyak dan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Dilansir laman Brightside, berikut tip agar bisa mendapatkan tidur berkualitas dalam waktu terbatas.

1. Bangun pada jam yang sama setiap hari

Sunah Rasulullah SAW Saat Bangun Tidur© MEN

Sumber Foto: Shutterstock

Umat Islam seharusnya bersyukur karena ada sholat Subuh dengan waktu yang sama setiap hari. Karena untuk mendapatkan tidur berkualitas, disarankan bangun tidur di jam yang sama setiap hari.

Tubuh harus dibiasakan untuk bangun tidur di jam yang sama. Begitu juga dengan waktu tidur. Hal ini akan memberitahu otak bahwa ada jam-jam tertentu yang digunakan untuk memulihkan kebugaran tubuh.

2.  Jaga kelembapan, temperatur dan cahaya saat tidur

Jika kelembapan tidak cukup, proses pemulihan tubuh melambat dan tidur menjadi lebih buruk. Tingkat kelembapan optimal adalah 45% atau bahkan 70%.

Untuk menjaga tingkat kelembapan, bisa membeli humidifier sederhana dan menyetelnya dalam level kelembapan yang dibutuhkan. Sementara, untuk temperatur optimal agar tidur lebih berkualitas berkisar antara 15-20 derajat Celcius.

Selain itu, semakin sedikit cahaya berada dalam ruangan, semakin cepat otak memproduksi hormon melatonin. Ini adalah hormon tidur yang hanya dilepaskan jika mata menemukan kondisi gelap. Hormon ini baik diproduksi pukul sebelas malam sampai pukul empat pagi.

3. Olahraga pagi hari

Tips Memilih Busana Olahraga untuk Hijabers© MEN

Sumber Foto: Shutterstock

Olah raga meningkatkan suhu dan efisiensi tubuh. Penting untuk melakukan olah raga yang akan membuat kamu berkeringat. Lakukan semuanya dengan cepat selama 10-15 menit

 

4 dari 4 halaman


4. Hindari makanan tertentu

Agar bisa tidur nyenyak, kamu tidak boleh minum alkohol, merokok, minum minuman berenergi, atau makan makanan berat yang berlemak. Bahkan es krim yang dimakan sebelum tidur, dapat mengganggu tahap tidur nyenyak.

5. Bantal berkualitas

Salah Pilih Bantal Bisa Sebabkan Alzheimer?© MEN

Sumber Foto: Shutterstock

Bantal ternyata juga menjadi faktor penting agar tidur singkat berkualitas. Karena berkaitan dengan masalah leher, punggung dan aliran darah. (eko)

Beri Komentar