Konsumsi Nasi Dingin Saat Diabetes, Amankah?

Reporter : Gladys Velonia
Jumat, 3 November 2017 13:15
Konsumsi Nasi Dingin Saat Diabetes, Amankah?
Kandungan gula pada nasi dingin lebih sedikit?

Dream - Diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh banyaknya kandungan gula di dalam darah. Penyakit yang beresiko diwariskan secara turun-temurun itu konon tak dapat disembuhkan, namun bisa dikurangi dengan melakukan diet ketat yang sehat.

Banyak informasi yang menyebut bahwa salah satu cara mencegah Diabeter adalah mengonsumsi nasi dingin. Menurut nutrisionis, Juwalita Surapsari, kandungan gula nasi dingin memang lebih rendah.

" Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi diet pada diabetes itu cocok atau tidak, namanya indeks glikemik. Penelitian memang menunjukkan kalau nasi yang sudah dibiarkan di suhu ruangan, itu bisa menurunkan indeks glikemik," ujar Juwalita di Jakarta Barat, Kamis 2 November 2017.

Indeks glikemik merupakan angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan.

Meski mengandung gula yang lebih sedikit dibandingkan nasi hangat, Juwalita menyebut diet yang sehat tidak cukup hanya dengan mengonsumsi karbohidrat dingin saja. Namun harus dibarengi dengan konsumsi sayur dan lauk berprotein. Komposisi makanan harus seimbang antara karbohidrat, protein, dan sayur.

" Saat Diabetes itu harus seimbang dietnya. Karbohidratnya yang kompleks, yang whole grains kayak nasi merah, nasi hitam, nasi cokelat. Roti gandum juga bisa. Karena mereka itu ada seratnya, jadi saat dikonsumsi gula darah naiknya tidak cepat dan bertahap dikeluarkan," terang Juwalita.

Sementara, tambah dia, penderita Diabetes tidak ada pantangan berolah raga. Namun yang harus diingat adalah sarapan sebelum bero lahraga. " Kalau biasa olahraga pagi, jangan sampai perut kosong. Apalagi yang minum obat."

" Karena pagi-pagi kalau dia langsung olahraga, olahraga akan meningkatkan indeks glukosa dalam tubuh. Takutnya gula darah akan drop, orang bisa pingsan. Jadi mending makan dulu, yang ringan aja, 15 menit sebelum olahraga," tambah Juwalita.

Beri Komentar