CONNECT WITH US!

Hidup Sehat 66 Hari Berturut-turut, Hasilnya Mengagumkan

Reporter : Gladys Velonia | Jumat, 3 November 2017 06:30
Olahraga
Mulai sekarang selalu terapkan pola hidup sehat. Jadikan kebiasaan sehari-hari, jangan sampai menyesal.

Dream - Sering mengonsumsi makanan instan, minum minuman dengan gula tinggi namun masih sehat? Jangan senang dahulu. Mungkin saat ini tubuh kamu tidak menunjukan tanda-tanda bermasalah.

Namun cobalah berpikir 10 atau 20 tahun ke depan. Para pengonsumsi makanan itu ternyata memiliki risiko cukup tinggi terserang penyakit stroke, diabetes dan kanker

" Berdasarkan riset dasar kesehatan, penyebab kematian tertinggi saat ini bukan penyakit menular, tapi bergeser ke penyakit tidak menular, seperti stroke, hipertensi, dan kanker,"  ujar Juwalita Surapsari, seorang pakar gizi saat ditemui di Taiwan Excellence Gallery, Jakarta Barat, Kamis, 2 November 2017.

Menurut Juwalita, risiko penyakit tak menular ini semakin besar di kalangan masyarakat Indonesia karena dikenal kurang aktivitas fisik dan minim mengonsumsi buah. " Itu yang menyebabkan risiko terkena penyakit tidak menular,"

Melihat potensi tersebut, Sahabat Dream sebaiknya mulai sekarang selalu menerapkan pola hidup sehat. Jadikan kebiasaan sehari-hari, jangan sampai menyesal saat penyakit sudah datang.

Lalu apa yang harus dilakukan pertama kali?

" Yang pertama tetapkan motivasi paling konkret untuk mengubah gaya hidup menjadi sehat, contoh seorang ibu bertekad untuk sehat agar bisa melihat anaknya menikah. Dengan adanya
motivasi konkret itu, kita akan semangat mengubah gaya hidup," kata Juwalita.

Usai menentukan motivasi yang konkret, langkah selanjutnya adalah melakukan hal-hal mudah dan ringan terlebih dahulu. Seperti jalan kaki, yang dilakukan secara rutin selama dua bulan.

" Selanjutnya adalah mulai mendata makanan yang kita konsumsi sehari-hari dan buang makanan-makanan yang tidak perlu, seperti cemilan-cemilan dan kebiasaan ngopi. Ngopi itu oke, tapi tambahannya itu, kayak gula, krimer, itu yang membuat asupan gula meningkat," ungkap Juwalita.

Jika kebiasaan tersebut dilakukan secara rutin selama dua bulan, Juwalita menegaskan jika kebiasaan itu nantinya akan menjadi gaya hidup sehat yang sudah tertanam dalam diri kita.

" Ada risetnya, jika kita terbiasa hidup sehat selama 66 hari, akan jadi terbiasa. Tidak boleh cheating, harus sampai 66 hari biar jadi terbiasa. Nantinya tiap ngeliat makanan tidak sehat pun pasti bisa nolak, karena udah sayang sama tubuh sendiri," tuturnya.

Untuk yang terbiasa kerja di depan laptop dan duduk berjam-jam, Juwalita merekomendasikan trik khusus. Setiap 30 menit duduk, setidaknya 3-5 menit harus berdiri. Bisa jalan-jalan, mengambil minum, beribadah atau hal apapun. Hal ini demi kelancaran peredaran darah.

" Supaya meningkatkan sirkulasi darah, kalau duduk aliran darah kan jadi tidak lancar. Jadi itu harus di kombinasikan antara duduk dan berdiri," ucapnya.

Yuk Sahabat Dream kita mulai hidup sehat. Ini investasi paling mahal demi masa depan.

#MovieTalk - KELUARGA TAK KASAT MATA (Part 1)