Lebih Baik Olahraga Didahului Makan atau Tidak? Cari Tahu Jawabannya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 17 Mei 2019 08:15
Lebih Baik Olahraga Didahului Makan atau Tidak? Cari Tahu Jawabannya
Ada hal yang mungkin belum kamu tahu.

Dream - Sebelum berolahraga, umumnya seseorang akan menyiapkan pakaian olahraga, air minum dan handuk. Tapi, sebagian orang tidak sarapan sebelumnya karena khawatir akan menghambat gerakan karena perut terlalu penuh.

Benarkah demikian? Pertanyaan itu untuk sementara terjawab oleh para peneliti di Universitas Bath, Birmingham, Newcastle, dan Stirling menganalisis pengeluaran energi 12 pria sehat dan aktif dengan rentang usia 20 hingga 26.

Masing-masing pria menyelesaikan tiga uji coba yang berbeda, yaitu sarapan oat dan susu lalu beristirahat serta tidak berolahraga, sarapan dengan menu yang sama dua jam sebelum bersepeda selama 60 menit, dan melewatkan sarapan sama sekali sebelum berolahraga selama 60 menit.

Penelitian ini mengungkap bahwa ketika para pria melewatkan sarapan, mereka memiliki penurunan kalori yang lebih besar sepanjang hari rata-rata sekitar 150 kalori. Hal tersebut membuktikan bahwa tidak makan sebelum berolahraga sangat baik untuk menurunkan berat badan.

" Hasil ini menunjukkan bahwa pengurangan energi jangka pendek akan lebih mudah ketika seorang pria muda dan sehat tidak sarapan sebelum berolahraga," kata peneliti.

Ketika berolahraga dengan perut kosong, tubuhmu tidak mendapatkan energi dari makanan. Sehingga energinya diambil dari sumber lain, seperti lemak tubuh. Jadi pembakaran lemak akan lebih efektif, terutama jika kamu ingin menurunkan berat badan.

1 dari 1 halaman

Membakar Lemak Lebih Banyak

Selain itu, berolahraga ketika perut kosong bisa menjaga kadar insulin dan memicu produksi hormon yang juga membakar lemak.

" Ketika insulin meningkat seperti setelah makan, tubuh akan menyimpan lemak, bukan membakarnya,” ujar Phoenyx Austin, MD, seorang Spesialis Kedokteran Olahraga pada MindBodyGreen.

 Tips Memilih Busana Olahraga untuk Hijabers

“ Tidak masalah jika kamu berolahraga dengan keras setelah makan. Tapi, kamu tidak akan bisa membakar lemak tubuh sampai kadar insulin turun. Dan biasanya kadar insulin akan turun dua hingga tiga jam, atau lebih lama setelah makan" .

Tapi, sarapan sebelum berolahraga juga menyehatkan. Para peneliti menyatakan bahwa pria yang sarapan sebelum berolahraga mampu membakar lebih banyak karbohidrat dan mempercepat metabolisme tubuh seharian.

Jika kamu memutuskan untuk sarapan sebelum berolahraga, pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat dan berenergi.

Nah, jadi kamu pilih yang mana?

(Sah)

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya