Pilihan Menu Sehat Demi Jaga Stamina Saat Berpuasa

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 12 April 2019 06:42
Pilihan Menu Sehat Demi Jaga Stamina Saat Berpuasa
Kuncinya jangan sampai kekenyangan.

Dream - Ramadan sudah dekat. Sangat dianjurkan bagi Sahabat Dream untuk menjadikan ibadah ini sebagai momen mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Berpuasa merupakan saat yang tepat untuk memperbaiki pola makan agar stamina serta kebugaran tetap terjaga.

" Puasa bisa menjadi waktu untuk belajar mengontrol pola makan untuk menjaga lambung dan lebih selektif memilih makanan yang tepat agar kesehatan kulit tetap terjaga," ujar Maria Charlotte, seorang ahli kesehatan dan nutrisi saat ditemui di SaladStop Setiabudi One, Jakarta Selatan, Kamis 11 April 2019.

Menurut Maria, hal pertama harus dijaga saat berpuasa adalah overeating atau kekenyangan, terutama ketika buka puasa. " Overeating sangat berbahaya bagi lambung. Supaya tidak timbul masalah lambung, makanlah sedikit demi sedikit saat berbuka puasa, lalu salat dulu. Habis itu makan besar," ungkapnya.

Ia menyarankan untuk minum minuman manis seperti jus atau kue berbahan dasar buah maupun sayur saat berbuka puasa. Tidak lupa, minum air mineral 2 gelas setelahnya.

" Bagi pola minum air menjadi 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, 2 gelas setelah salat isya hingga tidur. Jangan lupa, hindari makan satu jam sebelum berolahraga, apalagi sebelum tidur," pesan Maria.

1 dari 1 halaman

Makanan Kaya Protein

Demi menjaga nutrisi, disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan kaya protein. Terutama, jika Sahabat Dream rajin berolahraga atau ingin menjaga kelembapan kulit saat berpuasa.

 Rasa Ikan Salmon Makin Mantap dengan Olahan Tepat

" Kamu bisa makan salmon. Kandungan proteinnya bisa membuat kulit glowing. Bisa menjaga kesehatan kulit juga," ungkap Maria.

Agar lebih sehat, kamu bisa mengganti nasi dengan campuran warm quinoa, brown rice dan jagung, lalu ditambah sayur-sayuran serta bumbu seperti lengkuas, thai lemongrass vinaigrette atau sesame lime.

" Kalau ingin berolahraga seperti gym, lebih baik setelah berbuka puasa. Kalau sebelum berbuka, biasanya malah overeating. Jadi, lebih baik dilakukan setelah berbuka puasa," pesan Maria.

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik