Sesak Nafas Bisa Jadi Pertanda Maag

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 1 April 2019 09:15
Sesak Nafas Bisa Jadi Pertanda Maag
Maag memang bisa memicu rasa nyeri bukan hanya di bagian perut, tapi juga dada dan membuat sesak.

Dream - Maag termasuk penyakit yang umum terjadi pada para pekerja kantoran. Terutama mereka yang kerap telat makan. Salah satu gejala maag yang sering tak disadari adalah sesak nafas.

Banyak orang bahkan mengira sesak napas yang dialaminya merupakan tanda penyakit jantung. Padahal bisa jadi dipicu adanya masalah di lambung. Maag memang bisa memicu rasa nyeri bukan hanya di bagian perut, tapi juga dada dan membuat sesak.

Rasa nyeri tersebut disebabkan refluks isi lambung atau GERD (gastroesophageal reflux disease) berulang ke arah kerongkongan dan menyebabkan rasa panas di belakang dada.

" Sering sekali orang merasa sesak nafas atau sakit di dada sebagai penyakit jantung. Padahal, keduanya jelas berbeda dan tidak berhubungan," ujar Hendra Nurjadin, dokter spesialis penyakit dalam, di Jakarta, Jumat 29 Maret 2019.

Rasa sesak yang dirasakan ketika sakit maag dan jantung koroner pun berbeda. Biasanya pada maag, sesak disertai rasa perih di lambung.

" Sesak karena sakit maag biasanya seperti napasnya terasa kurang panjang dan perih dari area perut hingga kerongkongan. Sedangkan sesak karena jantung bisa sampai 'ngos-ngosan', berat di dada atau seperti tertindih," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Sakit di dada atau sesak nafas juga bukan indikasi parahnya penyakit lambung yang diderita seseorang. Hal tersebut sangat wajar dirasakan.

" Gangguan pencernaan bagian atas seperti esofagus, lambung serta usus dua belas jari dan mengganggu organ lain, biasa disebut dispepsia. Karena organ tersebut berdekatan dengan jantung, paru dan sebagainya," ungkap dr. Hendra.

  7 Cara Mengatasi Sakit Perut di Pagi Hari

Jika mengalami maag, bisa mengonsumsi obat maag yang banyak di pasaran. Perbaiki pola makan dan pilih makanan yang tidak memicu asam lambung berlebih, seperti pedas, asam, kopi, cokelat, teh pekat serta yang berlemak maupun berminyak.

" Kalau dengan cara itu tidak sembuh-sembuh juga selama beberapa hari hingga 2 minggu, sebaiknya diperiksakan ke dokter," tutupnya.

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting