Simak Cara Mudah Hilangkan Stretch Mark di Payudara

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 16 Maret 2021 10:14
Simak Cara Mudah Hilangkan Stretch Mark di Payudara
Bisa dilakukan di rumah kok!

Dream – Garis kerutan atau stretch mark dapat muncul di berbagai area pada tubuh, termasuk payudara. Hal ini bisa terjadi karena kulit tidak cukup memproduksi kolagen di saat tubuh mengalami peregangan yang signifikan.

Khusus garis kerutan pada payudara dapat muncul karena faktor genetik, pubertas, kenaikan berat badan, kehamilan atau menyusui, operasi pembesaran payudara, penggunaan produk kosmetik atau obat oles yang mengandung steroid, hingga masalah kesehatan tertentu, misalnya cushing syndrome.

Meski garis kerutan sangat mengganggu, tetapi tidak berbahaya bahkan dalam beberapa kasus garis kerut ini dapat memudar dengan sendirinya.

Namun, apabila stretch mark sulit hilang, kamu bisa melakukan beberapa cara atau prosedur dalam membantu proses penghilangannya dengan cara berikut.

1 dari 4 halaman

Lakukan secara mandiri

Garis kerut yang tidak terlalu parah dan dalam bisa kamu bantu hilangkan secara mandiri, maksdunya lakukan sendiri di rumah, antara lain dengan;

1. Mengoleskan krim stretch mark berizin BPOM

Krim yang dijual bebas ini biasanya mengandung campuran bahan yang secara teoritis membantu memudarkan bekas luka sekaligus meningkatkan elastisitas kulit.

2. Eksfoliasi

Pengelupasan kulit mati di permukaan kulit payudara ini dapat mempercepat proses produksi kolagen sehingga garis kerutan dapat memudar. Gunakan sikat berbulu lembut saat eksfoliasi dan lakukan dua hari sekali.

Ilustrasi© Shutterstock

3. Menggunakan cocoa butter atau shea butter

Bisa gunakan produk dalam bentu asli atau murninya atau dalam bentuk krim yang mengandung bahan tersebut. Kandungan vitamin E yang ada, baik untuk kulit sehingga dapat meningkatkan tampilan kulit payudara yang sehat.

2 dari 4 halaman

Lakukan dengan bantuan klinik atau rumah sakit

Jika melakukan cara mandiri di rumah tetap tidak dapat memudarkan garis kerut, bisa juga dengan pergi ke ahlinya, seperti ke klinik kecantikan atau rumah sakit.

Biasanya para dokter ahli menghilangkan stretch mark dengan cara ini;

- Terapi laser
- Injeksi kolagen
- Mikrodermabrasi
- Peeling kimia

Namun, satu-satunya cara yang sudah teruji klinis dapat menghilangkan garis kerut yang terlalu dalam atau parah secara efektif dan signifikan hanyalah terapi laser.

Laporan: Josephine Widya, Sumber: Sehatq

3 dari 4 halaman

4 Tips Mengatasi Perbedaan Ukuran Payudara Akibat Menyusui

Dream - Ukuran payudara kiri dan kanan tidaklah sama. Sehingga, sangat wajar jika kamu merasa yang satu sedikit lebih besar dari yang lainnya.

Namun, perbedaan ukuran payudara akan terlihat lebih jelas saat menyusui. Hal ini dikarenakan ASI mengisi payudara yang kerap digunakan untuk menyusui.

Jika ingin mengatasinya dan membuat ukuran kedua payudara lebih seimbang, berikut tips yang dilansir dari Sehatq.com.

Aktifkan payudara yang jarang disusui

Ibu dan Anak© Shutterstock.com

Arahkan anak untuk menyusui pada payudara yang lebih kecil agar pasokan ASI mengalir di kedua payudaramu sehingga ukurannya sama.

Gunakan pompa ASI

Memompa ASI pada payudara yang jarang disusui akan memancing produksinya di kedua sisi payudaramu. Sehingga, ukurannya kembali seimbang dan pasokan ASI juga bertambah.

 

4 dari 4 halaman

Cari tahu alasan anak memilih salah satu sisi payudara

Selain memompa ASI, cari tahu juga mengapa anak lebih suka menyusui di salah satu sisi payudara. Apalagi, jika anak menolak menyusui di sisi payudara lainnya.

Memijat payudara

Memijat Payudara© Shutterstock.com


Pijatlah payudara ketika terasa nyeri akibat pasokan ASI berlebih dan menyebabkan pembengkakan. Pompa ASI untuk meredakan pembengkakan.

(Sumber: Sehatq.com)