CONNECT WITH US!

Tak Cuma Demam Berdarah, Ini Penyakit Akibat Si Nyamuk

Reporter : Dwi Ratih | Jumat, 11 Agustus 2017 19:08
(Foto: Ilustrasi/Shutterstock)
Sering kali beberapa penyakit ini mengancam para wisatawan hingga menyebar ke daerah lain. Yuk simak!

Dream - Nyamuk, serangga kecil ini banyak menyebarkan berbagai penyakit dan menularkannya pada jutaan manusia. Mereka membantu parasit hinggap di tubuh manusia atau hewan hingga menyebabkan gangguan kesehatan.

Dilansir laman American Mosquito Control Association, ada beberapa jenis penyakit yang disebarkan oleh nyamuk. Sering kali penyakit ini mengancam para wisatawan hingga menyebar ke daerah lain.

1. Virus Zika

Zika diketahui menyebar dengan bantuan nyamuk Aedes aegypti. Efek infeksi memang tak separah demam berdarah, gejalanya hanya demam, ruam, nyeri sendi, dan mata merah. Penyakit ini hanya berlangsung paling lama sepekan.

Namun bahaya terbesarnya, virus zika bisa menyebabkan kelahiran bayi cacat yaitu mikrosefalus (kepala mengecil) bila menyerang ibu hamil.

2. Chikungunya

Virus ini memakan korban sebanyak 350 ribu kasus sejak ditemukan Desember 2013. Gejala utama yang dirasakan dari infeksi virus ini memunculkan rasa nyeri di persendian.

Penyakit ini ditularkan nyamuk macan asia (Aedes albopictus) dan yellow fever mosquito atau Aedes aegypti. Layaknya nyamuk penyebar demam berdarah, serangga ini juga berkembang biak di wadah-wadah berair.

Shutterstock

3. Eastern Equine Encephalitis (EEE)

Penyakit ini mempengaruhi sistem saraf yang bisa berakibat pada komplikasi bahkan kematian. Gejala yang ditimbulkan seperti flu ringan, sakit kepala ringan, kejang, dan koma. Sebagaian pasien yang terkena penyakit ini akan mengalami kematian sedangkan yang berhasil selamat bisa mengalami kerusakan otak permanen dan memerlukan perawatan seumur hidup.

Penyebarannya melalui unggas dan nyamuk tertentu seperti nyamuk Culex dan Culiseta melanura. Penyakit ini tak bisa ditularkan antar manusia atau mamalia lain melainkan lewat serangga.

4. Malaria

Malaria muncul pertama kali di benua Afrika dan menyebabkan kematian dan 500 juta kasus setiap tahun, penyakit yang disebarkan oleh nyamuk Anopheles ini bisa membunuh satu anak setiap 40 detik.

5. St Louis Encephalitis

Virus iniada hubungan kerabat dengan virus Japanese Encephalitis. Penyakit ini ditularkan dari unggas ke manusia lewat nyamuk Culex. Lansia lebih rentan tertular penyakit ini dibandingkan usia muda.

6. Virus West Nile

Berasal dari burung dan nyamuk yang kemudian ditularkan kepada mamalia termasuk manusia. Infeksi ini ditandai dengan demam, sakit kepala, kelelahan, dan nyeri atau ruam yang menyerang hingga beberapa pekan.

Penyakit ini bisa menimbulkan peradangan pada otak dan membran.

Tiada cara lain untuk menghindar dari penyakit ini selain mencegah gigitan nyamuk, Sahabat Dream. Sayangnya, obat nyamuk yang lazim digunakan banyak mengandung racun sehingga berbahaya bagi kesehatan.

Baik obat nyamuk bakar, semprot, hingga lotion bisa menyebabkan penyakit sesak nafas hingga kanker.

Karena itu, pilih obat nyamuk yang terbuat dari bahan alami seperti BabyGo Slap Mosquito Repellent Bracelet.

BabyGo

Obat nyamuk ini berbahan dasar 100 persen minyak alami tumbuhan pengusir nyamuk, tanpa kandungan berbahaya dan tanpa DEET. Jadi sangat aman bagi anak-anak. Wadahnya menggemaskan dengan bentuk seperti gelang tangan dengan warna-warni yang cerah dan menarik.

Diisi dengan natural oil yang dikondensasikan menjadipolymer khusus, gelang anti nyamuk BabyGo secara perlahan (slow release) akan mengeluarkan aroma yang efektif mengusir nyamuk.

Satu polymer isi ulang ini dapat bertahan selama 15 hari. Termasuk dua buah isi ulang untuk perlindungan selama 30 hari.

Ayo cegah gigitan nyamuk secara aman dengan BabyGo Slap Mosquito Repellent BraceletSahabat Dream bisa peroleh produknya di sini!