Tips Membersihkan Alas Kaki Agar Bebas dari Bakteri dan Virus

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 29 Juni 2020 07:36
Tips Membersihkan Alas Kaki Agar Bebas dari Bakteri dan Virus
Begini caranya agar lebih efektif.

Dream - Selama pandemi Covid-19, kita diharuskan untuk selalu menjaga kebersihan tangan dan pakaian. Padahal, ada banyak hal yang juga perlu diperhatikan kebersihannya.

Salah satu hal tersebut adalah alas kaki. Alas kaki merupakan permukaan yang seringkali bersentuhan dengan hal kotor atau berdebu. Dilansir dari Times of India, beriku tips menjaga kebersihan alas kaki untuk menghindari kotoran maupun virus.

Bedakan Alas Kaki di Dalam dan Luar Ruangan

 Alas Kaki© Shutterstock.com

Pertama-tama, kamu harus membedakan alas kaki untuk di dalam dan luar ruangan. Ini akan mengurangi risiko perpindahan kotoran atau zat yang ada di luar ke dalam ruangan.

Jika hanya ingin memiliki satu alas kaki saja, lepaskan sepatu atau sandalmu sebelum memasuki rumah. Apalagi, jika kamu bekerja di industri kesehatan. 

1 dari 4 halaman

Jangan Menyentuh Sepatu Saat Melepasnya

 Melepas Sepatu© Pexels.com

Jangan menyentuh sepatu ketika ingin melepasnya. Lepaskan dengan bantuan kaki atau gunakan sarung tangan sekali pakai. Cuci kaki dan tangan saat bersentuhan dengan alas kaki atau beraktivitas di luar ruangan.

2 dari 4 halaman

Memerhatikan Sol Sepatu

 Menjaga Kebersihan Alas Kaki© Shutterstock.com

Perhatikan kebersihan sol sepatu untuk menghindari kotoran maupun bakteri yang berasal dari luar ruangan. Gosok sol sepatu pada keset sebelum masuk ke dalam rumah. Lalu, cuci kakimu di kamar mandi.

3 dari 4 halaman

Bersihkan Sepatu dengan Kain Bekas

 Membersihkan Alas Kaki© Shutterstock.com

Kamu bisa menyimpan pakaian yang tidak terpakai atau handuk hangat untuk membersihkan alas kaki. Tisu basah yang mengandung disinfektan juga bisa digunakan untuk membersihkannya.

Jangan lupa memakai sarung tangan ketika membersihkan alas kaki. Lalu, cucilah tanganmu setelah melakukannya.

4 dari 4 halaman

Biarkan Sepatu Mengering dengan Sendirinya

 Membersihkan Alas Kaki© Shutterstock.com

Pastikan sepatumu kering secara natural agar disinfektan dapat menyerap dan bekerja secara maksimal untuk membersihkan alas kaki.

Bersihkan alas kaki menggunakan handuk atau kain bersih setelah beberapa menit dibiarkan untuk mengering.

(Sumber: Times of India)

Beri Komentar