Idul Fitri di Seluruh Dunia Berbeda Waktunya

Reporter : Sandy Mahaputra
Rabu, 15 Juli 2015 07:05
Idul Fitri di Seluruh Dunia Berbeda Waktunya
Sebagian negara telah menetapkan Idul Fitri tahun ini akan jatuh pada 17 Juni, sementara yang lainnya pada hari berikutnya. Ini daftar lengkapnya.

Dream - Satu Syawal untuk tahun ini kemungkinan akan berbeda di seluruh dunia. Sebagian negara telah menetapkan Idul Fitri tahun ini akan jatuh pada 17 Juni, sementara yang lainnya pada hari berikutnya.

Islam Crescent Observation Project (ICOP) di Uni Emirat Arab mengatakan berdasarkan perhitungan astronomi, 1 Syawal 1436 H akan jatuh pada hari Jumat, 17 Juli di sebagian besar negara-negara muslim.

Kepala ICOP, Mohammed Shoukat Awdah, mengatakan sebagian besar negara-negara muslim akan melihat hilal atau bulan baru Syawal pada Kamis, 16 Juli.

Hal yang sama disampaikan oleh Sharjah Planetarium yang mengatakan 1 Syawal di wilayah Teluk jatuh pada hari Jumat.

Mayoritas umat Islam di seluruh dunia telah memulai bulan Ramadan pada hari Kamis, 18 Juni lalu. Namun perhitungan astronomi untuk menetapkan 1 Syawal menunjukkan hasil yang berbeda di seluruh dunia.

Warga Muslim di India kemungkinan merayakan Idul Fitri pada hari Sabtu, 18 Juli. Umer Ahmed Ilyasi, kepala imam di All India Imam Organization, mengatakan penetapan 1 Syawal di India dilakukan berdasar penampakan hilal.

Di Ghana, Komite Hilal Nasional (NHC) telah mengumumkan bahwa tahun ini Idul Fitri akan jatuh pada hari Sabtu, 18 Juli.

Idul Fitri adalah salah satu dari dua hari raya suci umat Islam. Penetapan 1 Syawal sering menjadi isu kontroversial di beberapa negara Muslim. Sebab ada pihak yang menetapkan 1 Syawal dengan menggunakan perhitungan hisab atau kalender Hijriah, sementara yang lain mengandalkan penampakan hilal.

Beri Komentar