4 Cara Melupakan Mantan Pacar, Logis dan Anti Galau

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Jumat, 21 Juni 2019 17:15
4 Cara Melupakan Mantan Pacar, Logis dan Anti Galau
Putus cinta dan masih belum bisa melupakan mantan? Yuk berpikir logis untuk mengatasi masalah asmara yang satu ini.

Dream - Putus cinta menjadi sebuah cobaan berat bagi yang baru mengalaminya. Mungkin beberapa hari setelah putus cinta, rasa sedih akan terus melekat bersama kenangan-kenangan manis yang sudah dilalui bersama.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, perasaan sedih itu juga akan terkikis perlahan-lahan. Tak usah khawatir gagal move on.

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk melupakan mantan pacar. Walau awalnya sulit, kita harus meyakini bahwa putus cinta bukanlah akhir dari dunia.

Seperti apa yang ditulis oleh Kelly McGonigal Ph.D penulis buku The Science of Willpower, menjadi jomblo bisa saja mengaburkan ingatan, terkadang kita harus menoleh ke belakang, entah itu kenangan saat indah-indahnya atau saat sedih-sedihnya.

Jadi, tidak harus sepenuhnya melupakan, karena terkadang kita perlu merefleksi diri dari pengalaman.

1 dari 5 halaman

Mengapa Susah Melupakan Mantan?

Mungkin dari sebagian kita pernah berpikir, mengapa kita susah melupakan mantan? Karena kita sudah terlibat hubungan di masa lalu, dan ketika manusia sudah pernah menjalin hubungan, dalam bentuk apapun, pasti akan sulit untuk melupakan.

 Perempuan sedih

Terkadang, semakin banyak kenangan yang tercipta bersama mantan, akan membuat kita semakin sulit untuk melupakan mantan. Sekeras apapun kita berusaha, ada kalanya kita akan teringat kenangan-kenangan itu.

Mengubah kebiasaan dan cara berpikir kita tentang mantan bisa sedikit membantu kita dalam melupakan mantan, dan saat teringat kenanganpun kita sanggup mengatasinya tanpa harus merasa galau.

Ada banyak cara logis menurut para pakar psikologi. Berikut 4 cara melupakan mantan menurut McGonigal, yaitu:

2 dari 5 halaman

Melupakan Mantan Pacar dengan Menemukan Role Model

Ilmu pengetahuan mengatakan bahwa mereka yang bisa menangkap tekad dari orang yang dikagumi, bisa memperkuat tekad yang ada di dalam pikiran mereka.

Cara melupakan mantan pacar yaitu dengan menemukan role model baru yang dapat ditiru dan memberi semangat bagi diri sendiri.

 Perempuan berhijab

Coba lihat hidup kalian, coba tengok budaya popular, atau berita-berita tentang “ ditch-the-ex” role model. Temukan sosok role model seperti yang kalian inginkan, ataukah itu tokoh politik perempuan yang hebat, atau artis-artis lain yang bisa membuat diri kalian bersemangat dan penuh tekad. Ikuti mereka, dan contohlah tekap mereka.

3 dari 5 halaman

"I Won't" Lebih Mudah Ketika Memiliki "I Want�¢ï¿½ï¿½ y

Cara mudah untuk membuat kebiasaan lama yang sudah melekat erat adalah dengan cara menemukan hal adiktif yang baru. Masalahnya, dalam menemukan hal tersebut tidaklah mudah. Lalu, bagaimana kita bisa melupakan mantan pacar dan menjalani hubungan baru?

 Kegiatan Merajut

Temukan tujuan yang baru. Tujuan ini bisa berupa pacar baru atau hobi baru. Banyak hal baru yang bisa dilakukan, seperti merajut, memasak, olah raga, dan lain sebagainya.

Dan, ketika mulai terasa ada sesuatu yang hilang, buatlah pikiranmu sibuk dengan tujuan-tujuan yang menyenangkan.

4 dari 5 halaman

Melupakan Mantan Pacar dengan Menjaga dan Merawat Diri Sendiri

Stres menjadi pemicu utama dalam kecanduan terhadap kenangan masa lalu. Merasa lelah, dan gelisah memicu sebuah keadaan psikis untuk terhubung kembali, hal ini disebut oleh para ahli sebagai “ contact comfort.”

 Perempuan berhijab


Selain itu, stres juga akan membuat fokus pada satu hal dan mengabaikan resiko. Apabila rasa-rasa seperti contact comfort, cobalah untuk melakukan meditasi, relaksasi, maupun kegiatan lain yang membawa kenyamaan bagi diri sendiri.

Misalnya saja pergi ke tempat pijat refleksi, beryoga, spa, salon, dan kegiatan-kegiatan menenangkan lainnya.

5 dari 5 halaman

Beware the White Bear

Ada satu hal lagi yang harus diperhatikan, bila kalian benar-benar ingin melupakan mantan kalian. Yaitu, coba dorong pikiran kalian tentang mantan keluar jauh-jauh dari pikiran sepenuhnya. Para psikolog menyebutnya dengan White Bear Effect.

 Perempuan berhijab

Hal ini terkadang memang sulit dilakukan, seperti perokok yang coba melupakan bentuk rokok, justru kembali merokok.

Apabila pikiran tentang sang mantan muncul kembali, jangan panic, dan jangan menyebutnya sebagai sebuah pertanda balikan. Ingatkan diri sendiri, bahwa yang harus diperhatikan adalah diri sendiri.

Sama seperti kesususahan lain dalam mengubah sebuah kebiasaan, kontrol terhadap diri sendiri dan rasa belas kasihan menjadi peran penting sebagai penentu kesuksesan dalam melupakan mantan pacar.

Sumber: Psychology Today

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting