Jenis Pakaian Dalam Nyaman Pasca Persalinan Caesar

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 2 April 2020 15:44
Jenis Pakaian Dalam Nyaman Pasca Persalinan Caesar
Pastikan ibu selalu nyaman karena luka pasca persalinan masih terasa.

Dream - Setelah melahirkan dengan operasi caesar banyak ibu yang bingung memilih pakaian dalam yang ingin dipakai. Tentu perubahan bentuk tubuh memengaruhi kekhawatiran para ibu baru yang melewati fase ini.

Kita tahu bahwa sangat penting mengenakan pakaian dalam yang nyaman agar tidak membuat iritasi pada luka operasi dan selama masa nifas.

Ilustrasi melahirkan© Shutterstock

Nah, untuk mengatasinya berikut tips memilih pakaian dalam setelah melahirkan secara caesar:

1 dari 5 halaman

1. High waisted

Setelah persalinan, luka jahitan operasi menjadi sangat sensitif. Lebih baik gunakan celana dalam yang agak tinggi supaya tidak terkena jahitan di area perut bawah.

ilustrasi celana dalam© Shutterstock

2. Pilih bahan yang bagus

Kamu harus memastikan bahan pakaian dalam yang digunakan lembut, berkualitas dan tidak panas. Hal ini supaya terasa nyaman dan tidak terjadi iritasi, agar pemulihan luka tidak terganggu.

3. Jangan gunakan pakaian dalam biasa

Lupakan dulu pakaian dalam favoritmu. Gunakan pakaian dalam khusus yang longgar usai melahirkan karena dapat menyesuaikan bentuk tubuh yang sekarang.

2 dari 5 halaman

4. Pakaian dalam khusus

Ada beberapa pakaian dalam khusus. Misalnya celana dalam yang agak ketat untuk menahan perut. Tapi jika merasa tidak nyaman dengan model pakaian dalam seperti ini jangan digunakan.

5. Pakaian dalam silikon

Pakaian dalam jenis ini membantu menyamarkan bekas luka pasca operasi, dan bahan ini juga dapat membantu memulihkan bentuk tubuh semula.

ilustrasi celana dalam© Shutterstock

6. Beli agak banyak

Ketika berbelanja, pastikan kamu membeli pakaian dalam yang cukup setidaknya untuk tiga bulan ke depan untuk mempercepat pemulihan.

7. Berbahan elastis

Pastikan celana dalamnya elastis agar bisa bergerak dengan bebas, dan tidak menambah banyak tekanan di perut. (mut)

Laporan: Shania Suha Marwan/ Sumber: Fustany

3 dari 5 halaman

Tips Memilih Pakaian untuk Ibu Menyusui

Dream - Perubahan bentuk tubuh usai melahirkan bikin para ibu kesulitan memilih busana yang nyaman untuk dikenakan.

Namun jangan sampai hal tersebut jadi kendala besar, ketika kamu tengah diselimuti kebahagiaan dengan hadirnya buah hati.

ilustrasi ibu dan bayi© shutterstock

Untuk itu, seperti dilansir Fustany.comkamu perlu tahu tips memilih baju menyusui yang pas untuk para ibu, agar selalu nyaman dan tentu saja tetap modis.

4 dari 5 halaman

1. Memilih Bra Khusus Menyusui

Bra khusus ini memiliki bahan yang lebih halus dan tidak menggunakan besi, ini dapat membantu susu mengalir dengan lancar.

ilustrasi bra menyusui© shutterstock

2. Jangan Beli Bra Khusus Menyusui Sebelum Melahirkan

Ukuran payudara dapat berubah setelah sang buah hati keluar dari perut. Jadi ada baiknya beli bra khusus setelah melahirkan daripada nanti salah ukuran.

5 dari 5 halaman

3. Pakaian Menggunakan Kancing hingga Bawah

Tips berguna untuk ibu adalah memenuhi lemarinya dengan baju-baju yang memiliki kancing sampai bawah.

Selain baju ini nyaman digunakan dan tampil keren. Memiliki kancing sampai bawah juga mempermudah dalam proses menyusui sang buah hati.

ilustrasi wanita kemeja© shutterstock

4. Hati-hati dengan Aksesori

Jangan gunakan aksesori yang terlalu panjang, dan tajam. Karena akan berbahaya untuk sang buah hati, cobalah untuk tidak menggunakannya selama kamu menyusui.

5. Baby Slings

Slain sangat nyaman digunakan, baby slings dapat membuat tampilan kalian menjadi sangat stylist. Ini bisa menjadi aksesori untuk ibu dan buah hati.

baby slings© shutterstock

(Laporan: Shania Suha Marwan)

Beri Komentar