Penjualan Mobil Nasional Diproyeksi Capai 800 Ribu Unit Tahun Ini. (Foto: Daihatsu)
Dream – Kalangan pengusaha otomotif akan menghitung ulang target penjualan kendaraan setelah pemerintah menerapkan PPKM Darurat. Sebelumnya pabrikan mobil semringah dengan perpanjangan kebijakan PPnBM meski pemerintah memberlakukan PSBB ketat.
“ Ternyata ada lagi selain PSBB, yaitu PPKM Mikro dan Darurat sehingga kami mencoba review lagi,” kata Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, dalam konferensi pers virtual, Kamis, 15 Juli 2021.
Daihatus sebelumnya memperkirakan produk kendaraan roda empat hingga akhir 2021 bisa mencapai 800-850 ribu. Namun dengan adanya penerapan PPKM Darurat, target tersebut dikoreksi turun 50 ribu menjadi sekitar 750 ribu-800 ribu unit.
Menurut Hendrayadi, proyeksi penjualan mobil nasional sebanyak 800 ribu-850 ribu sebelumnya dibuat dengan memperhitungkan adanya insentif PPnBM dari pemerintah. Namun dia menegaskan koreksi ini baru hasil kalkulasi Daihatsu dengan Toyota.
Meski menghadapi tekanan, Dia optimistis pasar otomotif masih bisa bernapas karena perpanjangan diskon PPnBM yang diberikan pemerintah.
Hendrayadi berharap, kalau tak ada pengetatan mobilitas, penjualan mobil bisa sedikit lebih baik.
“ Mungkin bisa naik sedikit dari prediksi awal,” kata dia.(Sah)
Dream – Keputusan pemerintah memperpanjang relaksasi diskon pajak (PPnBM) 100 persen hingga Agustus 2021 menjadi berkah bagi para pabrikan mobil. Setidaknya hal ini dirasakan Daihatsu yang melaporkan kenaikan penjualan ritel sepanjang paruh pertama 2021.
Dikutip dari keterangan tertulis Daihatsu, Rabu 14 Juli 2021, penjulan ritel Daihatsu naik 25,5 persen dari 53 ribu unit selama Januari-Juni 2020 menjadi 67 ribu unit selama semester I-2021. Capaian kontribusi pangsa pasar Daihatsu sebesar 17,3 persen.
“ Di tengah situasi pandemi ini, Daihatsu tetap berkomitmen melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya,” kata Marketing Director & Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu 14 Juli 2021.
Secara total hingga Juni 2021, penjualan ritel Daihatsu didukung oleh tiga top kontributor utama, seperti Gran Max PU sebanyak 18.617 unit dengan kontribusi 27,7 persen, Sigra 16.542 unit (24,6 persen) dan Terios 9.800 unit (14,6 persen).
Sedangkan pada whole sales, penjualan Daihatsu juga didominasi oleh tiga model utama yaitu Gran Max PU sebanyak 20.317 unit, yang berkontribusi sebesar 27,2 persen, Sigra 17.455 unit (23,3 persen); dan Ayla yang mencapai 10.001 unit (13,4 persen).
Daihatsu juga membukukan penjualan retail Rocky sebanyak 838 unit dan 4.642 unit untuk whole sale.
Dream – Penumpang disabilitas dan Lansia kini semakin dimudahkan menaiki kendaraan Daihatsu Thor. Pabrikan di Jepang, Daihatsu Motor Co. Ltd (DMC), merilis Daihatsu Thor edisi seat lift yang menyediakan tempat duduk khusus untuk penumpang tersebut.
Daiahtsu Thor sendiri sudah diperkenalkan dan dijual secara di Negeri Sakura sejak 7 Juni 2021.
Dikutip dari www.daihatsu.com, Rabu 7 Juli 2021, Thor edisi Seat Lift ini merupakan penambahan line up welfare vehicles, yang bersahabat bagi penumpang berkebutuhan khusus mulai dari penyandang disabilitas hingga lansia. Seat lift ini bertujuan agar dapat membantu akses masuk-keluar dari kendaraan dengan mudah.
Pada edisi seat lift ini, Thor memiliki fitur kursi penumpang depan yang dapat berotasi menuju arah keluar dan turun ke bawah. Fitur ini dapat dioperasikan dengan wireless remote control untuk mengurangi beban penumpang dan orang yang membantu penumpang berkebutuhan khusus tersebut saat masuk dan keluar kendaraan.
Mobil kompak ini berdimensi ukuran bodi yang kecil dengan kabin interior yang luas. Posisi bangku penumpang cocok untuk digunakan dalam berbagai situasi dan mendapat sambutan positif dari masyarakat setempat.
Thor telah mengalami perubahan desain pada sisi eksterior dan interior pada September 2020 dengan peningkatan fungsi keselamatan dan keamanan bagi penggunanya.
Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Daihatsu di Jepang, mobil Daihatsu memiliki pangsa pasar tertinggi dan mendapat apresiasi luas dari pelanggan di Jepang dalam permintaan welfare vehicles. Misalnya, kendaraan yang memudahkan akses pengguna kursi roda (wheelchair accessible vehicles), seat lift vehicles, dan turn seat vehicles.
Dream – Pemerintah telah memperpanjang kebijakan diskon 100 persen PPnBM hingga Agustus 2021. Lantas, bagaimana nasib konsumen yang terlanjur membeli kendaraan dengan kebijakan diskon 50 persen?
Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, mengatakan belum ada aturan resmi yang telah dikeluarkan. Jika sudah keluar dan berlaku surut, pihaknya siap mengembalikan uang konsumen.
“ Kalau sudah keluar, kami akan refund,” kata Amelia dalam konferensi pers ditulis Jumat 18 Juni 2021.
Saat ini, lanjut dia, Daihatsu masih mengikuti aturan yang lama, yaitu diskon 50 persen PPnBM yang berlaku Juni-Agustus 2021.
“ Harga yang berlaku masih mengikut aturan yang lama, yaitu 50 persen,” kata dia.
Dream – Pemerintah menerapkan program diskon PPnBM sejak Maret 2021 untuk menggairahkan pasar otomotif Indonesia. Ditambah lagi, pemerintah memperpanjang diskon PPnBM 100 persen hingga Agustus 2021.
“ Kami menyambut baik sekali kebijakan pemerintah. Pastinya ini mendorong industri otomotif dan bisa memberikan keuntungan bagi customer,” kata Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, dalam konferensi pers virtual, Kamis 17 Juni 2021.
Hendrayadi tak memungkiri penerapan diskon PPnBM bisa mengerek penjualan Daihatsu. Rata-rata penjualan ritel sebelum penerapan PPnBM pada Januari-Februari sebanyak 9 ribu per bulan. Kemudian, setelah ada keringanan PPnBM, penjualannya naik 37 persen menjadi 12 ribu per bulan pada Maret-Mei 2021.
Penjualan lima model Daihatsu yang mendapatkan diskon pajak, terkerek, seperti Xenia, Terios, Luxio, Gran Max Mini Bus, dan Rocky. Hingga Mei 2021, penjualan ritel kelima model ini naik rata-rata 63 persen per bulan.
Misalnya, Luxio naik 104 persen, Terios 75 persen, Gran Max Mini Bus 51 persen, dan Xenia 37 persen.
Selain itu, model yang tak kena diskon PPnBM pun juga naik penjualannya. Kenaikan penjualan ritel total rata-rata sebesar 26 persen setiap bulannya pasca implementasi diskon pajak. Lima model Daihatsu non relaksasi yang juga mengalami kenaikan permintaan per-modelnya adalah Sirion 111 persen, Ayla 42 persen, Sigra 40 persen, Gran Max BV (Blind Van) 16 persen, dan Gran Max PU (Pick Up) 9 persen.
“ Pastinya mendorong industri otomotif dan bisa memberikan keuntungan bagi customer. Mereka yang belum membeli dengan 0 persen PPnBM, bisa (berkesempatan) beli,” kata Hendrayadi.
Advertisement
Lebih dari Sekadar Kulit Sehat: Cerita Enam Selebriti Merawat Kepercayaan Diri yang Autentik
Kebiasaan Pakai Bra saat Tidur Berbahaya? Cari Tahu Faktanya
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Peneliti Ungkap Pemicu Perempuan Sanggup Bicara 20 Ribu Kata Sehari?
Bentuk Roti Cokelat Picu Komentar Pedas di Medsos, Chef Sampai Revisi Bentuknya
Mahasiswa Sempat Touch Up di Tengah Demo, Tampilannya Slay Maksimal
Lebih dari Sekadar Kulit Sehat: Cerita Enam Selebriti Merawat Kepercayaan Diri yang Autentik