Apa Itu WhatsApp API? yuk Cek Informasi Selengkapnya!

Reporter : Alfi Salima Puteri
Rabu, 27 Juli 2022 09:02
Apa Itu WhatsApp API? yuk Cek Informasi Selengkapnya!
Fitur-fitur di dalam aplikasi WhatsApp API ini dianggap sebagai solusi tepat, guna berinteraksi dengan pelanggan tentunya dengan mudah dan efisien.

Dream - Penggunaan WhatsApp API dalam dunia bisnis menjadi salah satu hasil perkembangan teknologi masa kini. Aplikasi chat yang dikhususkan untuk bisnis ini digunakan sebagai salah satu upaya dalam melancarkan komunikasi dengan calon pelanggan dan juga kepentingan lainnya.

Fitur-fitur di dalam aplikasi WhatsApp API ini dianggap sebagai solusi tepat, guna berinteraksi dengan pelanggan tentunya dengan mudah dan efisien. Ingat, pelanggan yang puas adalah suatu harapan besar dan kunci sukses dalam berbisnis.

Komunikasi baik dan lancar juga merupakan hal yang membuat para pelanggan puas, sehingga sangat penting memiliki fitur komunikasi yang mumpuni. Bagi Anda yang masih tidak tahu menahu tentang aplikasi bisnis satu ini, silahkan simak penjelasan berikut:

Apa Itu WhatsApp API?

WhatsApp API merupakan sebuah aplikasi yang dibuat secara khusus agar interaksi antara pelanggan dan perusahaan bisa berjalan dengan lancar dan efisien. Di dalam aplikasinya, terdapat banyak sekali fitur-fitur yang memudahkan perusahaan dalam mengelola bisnis, khususnya di bidang komunikasi.

Dengan aplikasi WA API, perusahaan atau bisnis yang kamu kelola bisa dengan mudah menerima serta menjawab pesan WhatsApp tanpa batasan dari para pelanggan. Mungkin kamu berpikir bahwa aplikasi ini sama persis dengan WhatsApp Business, namun nyatanya kedua aplikasi tersebut berbeda.

WhatsApp Business merupakan aplikasi chat bisnis yang bisa berdiri sendiri, sedangkan WA API mengharuskan kamu  mengintegrasikan aplikasi dengan sistem pelayanan pelanggan atau sistem manajemen pelanggan pada bisnis masing-masing, misalnya saja Mekari Qontak ataupun Omnichannel.

Sama halnya dengan aplikasi WhatsApp pada umumnya, WA API juga diluncurkan secara resmi oleh Facebook dengan tujuan untuk membantu bisnis menengah dan besar guna meningkatkan kemampuan pesan agar bisa terhubung ke pelanggan di seluruh dunia secara mudah.

Karena bantuan dari WA API ini, perusahaan yang dikelola bisa menghubungkan sistem mereka sendiri dengan tujuan untuk mengirim pesan transaksional otomatis melalui aplikasi WhatsApp. Dengan demikian, pemasar akan mendapatkan control besar atas perpesanan dan bisa mengurangi ketergantungan mereka pada pihak pengembang.

WhatsApp API© Shutterstock.com

Kelebihan WhatsApp API

Banyaknya perusahaan yang menggunakan WhatsApp API tentu saja bukan tanpa alasan, melainkan karena kelebihan aplikasi ini yang sangat banyak. Lantas, apa saja kelebihannya? 

● Kebanyakan orang menggunakan aplikasi chat atau messenger dan dalam sehari bisa beberapa kali, sedangkan WhatsApp adalah aplikasi yang banyak digunakan. Aplikasi ini merupakan cara termudah dan paling nyaman bagi pelanggan untuk berhubungan langsung dengan (perusahaan/bisnis), karena sudah menjadi bagian dari kebiasaan harian.

● Menurut informasi, pesan seluler memiliki tingkat pembukaan hingga mencapai 98% dibandingkan dengan email yang hanya 20% saja. Dengan aplikasi WA API, Anda bisa menghindari kotak masuk yang ramai serta membuat koneksi secara langsung dalam jangka panjang dengan pelanggan.

● WA API sangat memungkinkan bagi (perusahaan/bisnis) untuk bereaksi dalam waktu cepat terhadap permintaan pelanggan maupun menyelesaikan pertanyaan sebelum pelanggan menunda pembelian. Tentunya ini akan meningkatkan tingkat konversi serta mampu meningkatkan kepuasan para pelanggan.

● Dengan WA API, kamu bisa membuat interaksi dengan pelanggan menjadi lebih nyaman, efisien, dan menyenangkan, karena adanya fitur pesan teks, kemudian emoji, gambar, dan juga file apapun yang dibutuhkan untuk dikirim pada pelanggan.

1 dari 2 halaman

Manfaat WhatsApp API untuk Bisnis

Tak hanya kelebihannya saja yang banyak, WhatsApp API juga memberikan manfaat super besar kepada perusahaan atau bisnis, baik menengah maupun besar. Manfaat tersebut tentunya sangat menguntungkan, sehingga kamu wajib menggunakannya.

1. Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Aplikasi WA API yang dikhususkan untuk bisnis, memungkinkan si pemilik usaha agar bisa menjalin hubungan baik dengan para pelanggan. Dengan WA API, secara otomatis akan meningkatkan kredibilitas atau kepercayaan dari para pelanggan pada bisnis kamu.

Apabila baru pertama kali melakukan promosi dengan menggunakan aplikasi bisnis ini, adanya centang hijau pastinya akan membuat kemungkinan pelanggan membuka pesan semakin tinggi. Intinya, kepercayaan pelanggan akan meningkat dan pastinya akan berpengaruh pada peningkatan penjualan nantinya.

2. Komunikasi Interaktif

Manfaat selanjutnya dari WA API adalah mampu membuat komunikasi yang interaktif antara pelanggan dan pemilik usaha, yakni melalui pesan yang berisi gambar, audio, video, dokumen, hingga share live location.

Dengan hal tersebut, akan sangat memungkinkan untuk staf kamu untuk melakukan promosi atau penjualan lebih luas lagi dengan media yang menarik. Maka dari itu, pelanggan tidak perlu lagi menunggu waktu lama untuk mendapat jawaban atas pertanyaannya.

Kamu pasti tahu, bahwa jika membuat pelanggan menunggu waktu lama untuk mendapatkan jawaban dari bisnis, maka kemungkinan besar niat mereka untuk melakukan transaksi akan menurun bahkan ada pula yang membatalkannya.

Waktu yang lama menunggu respon dari usaha atau bisnis, juga bisa membuat pelanggan beralih ke tempat lain yang memiliki respon lebih cepat. Maka dari itu, gunakan WA API untuk membuat komunikasi usaha dengan pelanggan menjadi lebih interaktif lagi.

3. Sebagai Saluran Komunikasi yang Mudah dan Praktis

WhatsApp API sangat memungkinkan perusahaan atau bisnis untuk berkomunikasi langsung dengan para pelanggan di saluran komunikasi yang mereka gunakan. Kebanyakan orang akan memeriksa pesan atau aplikasi chat mereka beberapa kali dalam satu hari, bahkan membuat aplikasi WhatsApp menjadi aplikasi ternyaman untuk berhubungan dengan bisnis.

Dengan aplikasi WhatsApp ini, Anda tidak perlu lagi memeriksa email berulang kali karena biasanya ada notifikasi delay untuk terus mendapatkan pembaruan tentang pesanan atau permintaan mereka. Di sisi lain, Anda dan juga pelanggan tidak perlu khawatir terkait keamanan aplikasi, karena sudah dijamin aman.

WhatsApp API© Shutterstock.com

4. Mudah Diintegrasi

Jika masih ragu dengan sistem keamanannya, maka Anda tidak perlu khawatir karena aplikasi ini sudah dilengkapi sistem enkripsi end-to-end dan two-factor-authentication (2FA). Diketahui sistem-sistem tersebut merupakan sistem keamanan yang mengurangi adanya kemungkinan kebocoran data pelanggan maupun penipuan.

Di sisi lain, aplikasi WA API mampu mengintegrasikan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya, sehingga sangat memungkinkan bagi staf untuk melihat pesan dari satu halaman saja. Tentu ini sangat praktis, bukan?

Dengan begitu, hal-hal kecil yang penting tidak akan terlewatkan lagi, misalnya saja pesan pelanggan yang biasanya tenggelam karena saking banyaknya pesan masuk. Perusahaan juga bisa melihat berbagai macam riwayat chat dari beragam aplikasi yang digunakan, sehingga pekerjaan akan lebih efisien.

5. Dapat Mengirimkan Pesan Blast dan Centang Hijau

Manfaat lain yang bisa dapatkan dari aplikasi chat bisnis ini adalah mampu mengirimkan pesan blast. Pesan yang dimaksud adalah pesan yang bisa terkirim ke kontak tersimpan, sehingga star tidak perlu waktu lama untuk melakukan promosi, diskon, maupun penawaran produk kepada pelanggan.

Meskipun pelanggan jumlahnya ratusan, staf tidak perlu mengirimkan pesan satu per satu karena bisa dikirimkan serentak. Pengiriman pesan dengan WA API juga tidak terbatas secara bersamaan, sehingga waktu kerja jadi lebih efisien lagi.

Apalagi adanya centang hijau ketika mengirim pesan, tentu saja akan menambah tingkat kepercayaan pelanggan terhadap bisnis dan sesuatu yang dikirim melalui pesan. Pastinya jika pengirim merupakan akun centang hijau, rasa ingin cepat membuka dan membaca pesan lebih meningkat lagi.

 

2 dari 2 halaman

Fitur di Dalam Aplikasi WhatsApp API

Setelah membaca ulasan tentang WA API di atas, pastinya Anda sangat penasaran dengan fitur apa saja yang disematkan dalam aplikasi bisnis terbaik ini. Fitur yang ada di dalam aplikasi sangat beragam dan tentunya akan membantu kinerja perusahaan dalam berinteraksi langsung dengan pelanggan.

1. Multi-Pengguna WhatsApp

Fitur pertama yang ada di dalam WA API ini dapat memungkinkan nomor bisnis bisa diakses oleh beberapa admin sekaligus, meskipun hanya satu akun saja. Akses ini bisa dilakukan secara bersamaan, bahkan melalui banyak perangkat juga, sehingga respon yang akan didapatkan oleh pelanggan bisa lebih cepat lagi.

2. Integrasi Chatbot

WhatsApp API juga memiliki fitur yang dapat diintegrasikan dengan chatbot, dengan demikian bisa difungsikan guna mengirimkan pesan secara otomatis kepada banyak pelanggan dalam satu waktu sekaligus. Jadi, tidak perlu kirim pesan satu per satu kepada pelanggan yang jumlahnya ratusan.

3. Otomatisasi WhatsApp

Fitur ketiga ini berperan banyak dalam proses pengunduhan serta penyimpanan seluruh interaksi bisnis dengan pelanggan yang disatukan dalam sistem database, sehingga bisa dengan mudah diakses oleh tim support ketika sedang melayani para pelanggan.

4. Alat Pemutar

Kamu bisa dengan mudah untuk melakukan alokasi agen perusahaan, yakni menggunakan fitur rotator alias alat pemutar yang ada di dalam aplikasi WA API.

WhatsApp API© Shutterstock.com

5. Integrasi dengan CRM

Selanjutnya ada fitur add on yang bisa diintegrasikan dengan CRM bisnis kamu untuk membantu bisnis dalam berinteraksi dan membangun hubungan dengan para konsumen atau pelanggan.

Cara kerjanya yakni dengan mengelola seluruh informasi yang berkaitan dengan pelanggan sehingga berguna untuk mendorong loyalitas pelanggan serta meningkatkan bisnis.

6. Laporan Analitik

Adanya fitur analitis dalam aplikasi WA API dapat menggabungkan seluruh interaksi pelanggan dalam sebuah dashboard. Laporan ini nantinya akan menampilkan informasi penting terkait tren penjualan, pelayanan tim, serta data konsumen yang digunakan oleh tim CS.

Hal tersebut tentunya dengan tujuan agar pelayanan yang diberikan lebih maksimal dan lebih baik lagi, sehingga konsumen merasa puas hingga loyalitas mereka meningkat tanpa disadari.

7. Centang Hijau

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, dengan menggunakan aplikasi WA API, nomor bisnis secara otomatis akan centang hijau. Dengan adanya centang hijau pada akun WhatsApp tentu saja menandakan bahwa akun sudah benar-benar terverifikasi.

Tanda centang hijau ini mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan baik terhadap bisnis yang Anda jalankan, sehingga sudah pasti hal tersebut akan berpengaruh pada tingkat penjualan juga.

8. Pesan Siaran WhatsApp

Fitur terakhir ini berfungsi untuk mengirimkan pesan kepada pelanggan dalam jumlah yang tidak terbatas meskipun di waktu yang sama. Sebagai dampak baiknya, pekerja atau tenaga serta waktu tim layanan pelanggan menjadi lebih efisien lagi, sebab bisa melayani banyak pelanggan secara bersamaan.

Dapatkan WhatsApp API dari Mitra Resmi

Sayangnya, WhatsApp API tidak bisa didapatkan dengan cara download di Play Store ataupun App Store, karena Anda hanya bisa mendapatkannya melalui mitra resmi saja. Ada banyak mitra resminya di Indonesia, namun tentu saja Anda harus memilih yang terbaik.

Jangan sampai memilih mitra abal-abal, karena bisa berpotensi buruk pada usaha kamu. Intinya, harus berhati-hati dalam memilih mitra WA API, karena di dunia online seperti ini banyak sekali penipuan yang mengatasnamakan aplikasi WhatsApp.

Aplikasi WhatsApp API merupakan aplikasi yang dapat membantu kelancaran komunikasi perusahaan dengan pelanggannya dan sangat efisien. Kamu bisa menghemat waktu dengan menggunakan aplikasi bisnis ini, namun masih tetap bisa mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Untuk mendapatkan aplikasinya, kamu bisa langsung mengunjungi mekari.com. Selaku mitra resmi WA API, mereka juga memiliki aplikasi Mekari Qontak yang bisa terintegrasi dengan WA API dengan mudah dan cepat.

Beri Komentar