Mulai Merasa Stres? Ini Tips Sederhana Mengatasinya Sendiri

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Sabtu, 27 Maret 2021 11:00
Mulai Merasa Stres? Ini Tips Sederhana Mengatasinya Sendiri
Stres bisa datang kapan saa terutama ketika kita sedang banyak pikiran. Namun dengan masa pandemi seperti saat ini, sebaiknya kita cepat-cepat mengatasi stres tersebut. Yuk lakukaan trik sederhana ini

Dream - Mengalami stres merupakan hal yang normal terlebih di masa pandemi saat ini. Dengan aktivitas yang sebagian besar dihabiskan di rumah, kita menjadi kekurangan waktu untuk menenangkan pikiran dengan beraktivitas di luar.

Namun jangan sampai stres malah membuat daya tahan tubuh kamu jadi menurun. Stres ringan sebetulnya bisa ditangani dengan cara mudah dan simple dari rumah.

Mengutip laman kemenkes.go.id, stres merupakan keteganagan emosional maupun fisik yang disebabkan perisitiwa atau pemikiran tertentu yang memicu rasa frustasi, marah atau kegugupan. Fenomena ini dapat dialami oleh hal-hal sederhana seperti hal yang tak sesuai rencana, pekerjaan sehari-hari dan lain sebagainya.

Melansir dari Business Insider, dokter pelayanan primer AS Ben Hagopian mengatakan, stres tidak selamanya buruk. Stres melepaskan hormon koristol dan adrenalin yang membuat kita lebih waspada, menegangkan otot dan meningkatkan tekanan darah serta jantung.

Meski begitu, kondisi stres yang berat dan berkelanjutan dapat membahayakan kesehatan tubuh. Bahkan terkadang, stres bisa menimbulkan berbagai gangguan seperti sakit kepala, sakit perut, kelelahan, moodswing, atau depresi.

Untuk itu, manajemenen stres sangat diperlukan. Berikut berbagai cara mengatasi stres dengan cara mudah yang bisa kita lakukan dilansir dari Liputan6.com dan berbagai sumber lain.

1 dari 5 halaman

1. Olahraga

Ilustrasi© Shutterstock

Agar bisa mengurangi resiko terkena stres dan memiliki kesehatan mental yang baik, lakukan olahraga.

Cara menghilangkan stres dengan mudah bisa lakukan olahraga minimal selama 20 menit dalam seminggu. Semakin lama waktu olahraga atau aktivitas fisik yang dilakukan, akan membuat risiko stres benar-benar berkurang.

2 dari 5 halaman

2. Relaksasi, Tenangkan Pikiran, dan Istirahat

Ilustrasi© Shutterstock

Sahabat Dream bisa belajar berbagai teknik relaksasi untuk menghilangkan stres. Beberapa teknik seperti teknik pernapasan, meditasi, maupun yoga dapat menjadi pilihan yang baik untuk relaksasi. Ini sejalan dengan saran yang sering menyebut " tarik napas dalam-dalam" ketika kita merasa marah maupun stres menghadapi masalah.

Setelah melakukan relaksasi, cobalah untuk menenangkan pikiran. Pikirkanlah masalah secukupnya, terlalu sering berpikir justru akan membuatnya mapak pelik untuk diselesaikan.

Jika kedua cara sudah dilakukan, coba mulailah beristirahat sejenak. Apabila masih harus mengerjakan tugas, maka berdirilah selama 5-10 menit untuk mengendurkan otot-otot yang tegang.

3 dari 5 halaman

3. Makan

Ilustrasi© Shutterstock

Cara menghilangkan stres dengan mudah, cobalah untuk memakan dark chocolate. Dengan aroma khas cokleta hitam, rasanya sangat membangkitkan ketenanganan. Sudah banyak penelitian yang membuktikan antioksidan dalam kakao bisa membantu mengendurkan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi.

Selain cokelat, kentang juga terkenal bisa menghilangkan stres loh.

Martica Heaner seorang ahli fisiologi olahraga dan professor nutrisi di Hunter Collage New York City mengatakan bahwa seseorang cenderung mencari makanan yang berlemak atau manis saat sedang stres.

Tak harus makanan berkalori tinggi, buah dan sayur ternyata juga bisa menghilangkan stres. Contohnya aja alpukat.

Asam lemak omega-3 yang terdapat di alpukat juga diyakini bisa mengurangi kematian sel yang dapat memicu depresi. Tingginya kandungan protein dalam alpukat juga mampu memicu produksi dopamin. Ketika seseorang mengalami depresi, tubuhnya diketahui mengalami kekurangan vitamin B6. Maka cara menghilangkan stres dengan mudah, bisa mengandalkan buah alpukat sebagai solusinya.

Nah, kalau kamu berada di bawah usia 50 tahun, harus mengonsumsi sekitar 1.3 mg vitamin B6 setiap harinya. Setelah menjadi lebih berumur, kamu perlu meningkatkan jumlahnya menjadi sekitar 1.5 mg untuk wanita dan 1.7 mg untuk pria.

Selain alpukat, konsumsi wortel juga bisa menghilangkan stres dengan mudah.

enurut Mandy Enright selaku ahli gizi, wortel, apel, dan seledri merupakan makanan yang mampu membantu dan berhasil mengatasi kondisi stres.

Wortel yang memiliki tekstur renyah saat dimakan ini mampu memberikan rasa lega. Makanan dengan tekstur renyah dapat meredakan tegang pada rahang yang merupakan area utama penyebab stres menumpuk di tubuh.

4 dari 5 halaman

4. Curhat

Ilustrasi© Shutterstock

Alih-alih memendam masalah sendiri, cara menghilangkan stres dengan mudah adalah mulai curhat. Lebih baik untuk mengungkapkannya walaupun tidak akan ada solusi yang didapatkan. Misalnya dengan teman kerja, saudara, keluarga, dan pasangan.

Tentu saja cara menghilangkan stres dengan mudah ini bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Kelebihan curhat atau bercerita dengan teman adalah kalian tidak akan merasa sendiri dalam menghadapi persoalan berat di tempat kerja.

Tak hanya dengan keluarga, Sahabat Dream juga tak perlu ragu untuk datang ke psikolog ataupun psikiater untuk mengkonsultasikan kondisi yang dirasakan. Dengan berkonsultasi, diharapkan stres yang dialami bisa segera teratasi oleh ahlinya.

5 dari 5 halaman

5. Menonton

Ilustrasi© Shutterstock

Menonton hiburan yang disenangi menjadi cara menghilangkan stres dengan mudah. Cara ini ternyata sangat ampuh mengurangi stres. Sahabat Dream bisa melakukannya ketika sudah selesai dengan pekerjaan. Kalian bisa menonton hiburan yang bersifat humor, karena sudah pasti akan membuat tertawa.

Sambil menonton, ada baiknya jika diselipkan dengan mengkonsumsi teh chamomile. Jenis tersebut ternyata berkhasiat untuk melepaskan ketegangan yang ada di dalam tubuh.

Sifat menenangkan dalam chamomile juga membantu ibu hamil agar tidur lebih nyenyak. Selain chamomile, konsumsi jahe. Jahe mengandung zat antioksidan yang disebut dengan gingerol yang memiliki kemampuan menenangkan tubuh saat stres.

Bila perlu, lakukan pijat selama 15 menit juga. International Journal of Neuroscience melaporkan bahwa pijat sendiri selama 15 menit 2 kali seminggu mampu menurunkan stres dan menenangkan sistem saraf.

Sumber: liputan6.com dan sumber-sumber lain

Beri Komentar