Selain Meditasi, Ini Cara Mencegah dan Atasi Stres Selama Pandemik

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 16 Oktober 2020 15:33
Selain Meditasi, Ini Cara Mencegah dan Atasi Stres Selama Pandemik
Mungkin ini bisa memperbaiki suasana hati di kala pandemi.

Dream - Stres merupakan hal yang sangat wajar dialami selama pandemi Covid-19. Selain kecemasan tertular virus corona, masyarakat juga semakin tertekan karena harus menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam rumah dan terbatas menjalani aktivitas outdoor.

Mencegah penularan Covid-19 tak hanya membutuhkan kesehatan fisik yang prima dan menjalankan protokol kesehatan 3M dengan disiplin. Kesehatan mental juga harus tetap mendapat perhatian.

Cara mengatasi stres biasanya dilakukan dengan cara meditasi. Namun, ternyata ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi stres. Berikut caranya dilansir dari Sehatq.com.

Melakukan aktivitas yang sedikit kompleks

Melakukan aktivitas yang sedikit lebih kompleks dari biasanya akan membuatmu lebih fokus dan tidak stres. Kamu bisa mengeksplor hobimu lebih dalam untuk menenangkan pikiran.

1 dari 3 halaman

Bersosialisasi

Bersosialisasi© Shutterstock.com
Bersosialisasi dan merasa terkoneksi dengan orang lain dapat membuatmu lebih tenang. Kamu juga bisa berbagi cerita dan meminta saran untuk merasa lebih tenang.

Di masa pandemik seperti saat ini, sosialisasi tentu tak bisa dilakukan secara tatap muka langsung. Kamu masih bisa bertemu teman, kerabat, atau pujaan hati dengan menggunakan sarana virtual yang sudah banyak digunakan. 

2 dari 3 halaman

Berolahraga

Berolahraga© Shutterstock.com
Penelitian menyatakan bahwa olahraga rutin akan mengurangi potensi kecemasan. Olahraga juga memicu produksi endorfin lebih banyak sehingga kamu bisa merasa lebih tenang dan senang.

Di masa pandemik ini, lakukan olahraga dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan menjaga jarak. Pastikan kamu tak berkerumun dengan orang lain yang juga sedang berolahraga.  

3 dari 3 halaman

Hirup minyak aromaterapi

Aromaterapi© Pexels.com

Aromaterapi bisa memberikan efek piskologis pada seseorang. Pilihlah aroma yang menenangkan seperti lavender, mawar, sandalwood atau geranium. Kamu bisa meneteskannya pada bantal sebelum tidur atau menggunakan diffuser.

(Sumber: Sehatq.com)

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar