Netflix, Vidio, Disney+ Hotstar, Mana Paling Banyak Diakses?

Reporter : Okti Nur Alifia
Jumat, 9 Desember 2022 10:45
Netflix, Vidio, Disney+ Hotstar, Mana Paling Banyak Diakses?
Ini urutan platform streaming yang paling banyak di akses masyarakat menggunakan smartphone di 11 kota di Indonesia.

Dream - Dalam survei Nielsen, Vidio menjadi platform yang paling banyak diakses masyarakat menggunakan smartphone di 11 kota di Indonesia.

Urutan selanjutnya setelah Vidio, ditempati oleh Disney+ Hotstar, Netflix, Viu, RCTI+, iQIYI, dan terakhir Vision+.

Survei ini dilakukan selama periode Juli sampai Agustus 2022 di 11 kota yakni Bandung, Banjarmasin, Denpasar, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, dan Surakarta.

Direktur Eksekutif Nielsen Indonesia, Hellen Katherina, mengatakan, peningkatan konsumsi mobile streaming didorong oleh platform regional dan lokal.

“ Vidio (4.4%), Disney+ Hotstar (2.0%), Netflix (1.6%), Viu (1.0%), RCTI+ (0.9%)," katanya di Milenium Millenium Centennial Center, Jakarta, Kamis, 8 Desember 2022.

1 dari 2 halaman

Meningkatnya akses terhadap internet dan kepemililkan smartphone juga mendorong pertumbuhan streaming di mobile. Mobile streaming dikonsumsi rata-rata lebih dari 9 jam per bulan. Sedangkan untuk heavy users, 28 jam per bulan. 

“ Namun angka ini masih jauh di bawah rata-rata waktu menonton TV yang mencapai 80 jam per bulan,” papar Hellen.

Tiap platform memiliki karakternya masing-masing, di mana konten yang paling banyak diakses pada platform Vidio adalah konten lokal dan olahraga, Netflix untuk film dan serial internasional, sementara Disney+ Hotstar untuk film anak dan keluarga.

“ Viu konten asia atau korea, RCTI+ konten olahraga dan sinetron, iQiyi konten Asia dan Barat,” ungkap Hellen.

2 dari 2 halaman

Survei ini melibatkan TV panel yang berjumlah 11.500 individu, dengan mobile panel (bagian dari total) sebanyak 3.700 individu. Demografi usia yang terlibat di atas 10 tahun. Sementara cakupan kepermisaan aplikasi yaitu YouTube, Vidio, Viu, Netflix, RCTI+, di iQIYI, dan Vision.

Survei bertajuk Streaming Content Ratings ini menggunakan alat Peoplemeter Nielsen yang dipasang di TV rumah tangga panel untuk menonton kebiasaan TV linear. Serta Nielsen mobile meters app yang ada di smartphone panel untuk menangkap kebiasaan menonton streming via mobile.

Tiga terbesar yang paling banyak diakses mempunyai waktu evolusi streaming yang berbeda di Indonesia, digawangi YouTube pertama kali muncul pada 2014, disusul Vidio di tahun yang sama. Kemudian Netflix pada 2016. Hingga Disney+ Hotstar pada 2020.

 

Beri Komentar