Ilustrasi (Shutterstock/XanderSt)
Dream - Dalam survei Nielsen, Vidio menjadi platform yang paling banyak diakses masyarakat menggunakan smartphone di 11 kota di Indonesia.
Urutan selanjutnya setelah Vidio, ditempati oleh Disney+ Hotstar, Netflix, Viu, RCTI+, iQIYI, dan terakhir Vision+.
Survei ini dilakukan selama periode Juli sampai Agustus 2022 di 11 kota yakni Bandung, Banjarmasin, Denpasar, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, dan Surakarta.
Direktur Eksekutif Nielsen Indonesia, Hellen Katherina, mengatakan, peningkatan konsumsi mobile streaming didorong oleh platform regional dan lokal.
“ Vidio (4.4%), Disney+ Hotstar (2.0%), Netflix (1.6%), Viu (1.0%), RCTI+ (0.9%)," katanya di Milenium Millenium Centennial Center, Jakarta, Kamis, 8 Desember 2022.
Meningkatnya akses terhadap internet dan kepemililkan smartphone juga mendorong pertumbuhan streaming di mobile. Mobile streaming dikonsumsi rata-rata lebih dari 9 jam per bulan. Sedangkan untuk heavy users, 28 jam per bulan.
“ Namun angka ini masih jauh di bawah rata-rata waktu menonton TV yang mencapai 80 jam per bulan,” papar Hellen.
Tiap platform memiliki karakternya masing-masing, di mana konten yang paling banyak diakses pada platform Vidio adalah konten lokal dan olahraga, Netflix untuk film dan serial internasional, sementara Disney+ Hotstar untuk film anak dan keluarga.
“ Viu konten asia atau korea, RCTI+ konten olahraga dan sinetron, iQiyi konten Asia dan Barat,” ungkap Hellen.
Survei ini melibatkan TV panel yang berjumlah 11.500 individu, dengan mobile panel (bagian dari total) sebanyak 3.700 individu. Demografi usia yang terlibat di atas 10 tahun. Sementara cakupan kepermisaan aplikasi yaitu YouTube, Vidio, Viu, Netflix, RCTI+, di iQIYI, dan Vision.
Survei bertajuk Streaming Content Ratings ini menggunakan alat Peoplemeter Nielsen yang dipasang di TV rumah tangga panel untuk menonton kebiasaan TV linear. Serta Nielsen mobile meters app yang ada di smartphone panel untuk menangkap kebiasaan menonton streming via mobile.
Tiga terbesar yang paling banyak diakses mempunyai waktu evolusi streaming yang berbeda di Indonesia, digawangi YouTube pertama kali muncul pada 2014, disusul Vidio di tahun yang sama. Kemudian Netflix pada 2016. Hingga Disney+ Hotstar pada 2020.
Advertisement
Senayan Berbisik, Kursi Menteri Berayun: Menanti Keputusan Reshuffle yang Membentuk Arah Bangsa
Perusahaan di China Beri Bonus Pegawai yang Turun Berat Badan, Susut 0,5 Kg Dapat Rp1 Juta
Style Maskulin Lionel Messi Jinjing Tas Rp1 Miliar ke Kamp Latihan
Official Genas, Komunitas Dance dari Maluku yang `Tularkan` Goyang Asyik Tabola Bale
Lebih dari Sekadar Kulit Sehat: Cerita Enam Selebriti Merawat Kepercayaan Diri yang Autentik
Peneliti Ungkap Pemicu Perempuan Sanggup Bicara 20 Ribu Kata Sehari?
Penampilan Alya Zurayya di Acara Dream Day Ramadan Fest 2023 Day 6
Bentuk Roti Cokelat Picu Komentar Pedas di Medsos, Chef Sampai Revisi Bentuknya
Mahasiswa Sempat Touch Up di Tengah Demo, Tampilannya Slay Maksimal
Bahaya Duduk Terlalu Lama di Toilet, Wasir Hingga Gejala Kanker
Prabowo Subianto Resmi Lantik 4 Menteri Baru Kabinet Merah Putih, Ini Daftarnya
Menanti Babak Baru Kabinet: Sinyal Menkopolhukam Dirangkap, Akankah Panggung Politik Berubah?