Peneliti Ciptakan Urinoir Anti Cipratan Agar Lebih Higienis Saat Buang Air Kecil

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 7 Desember 2022 12:12
Peneliti Ciptakan Urinoir Anti Cipratan Agar Lebih Higienis Saat Buang Air Kecil
Urinoir ini diciptakan untuk menghindari cipratan urin pada pakaian saat buang air kecil.

Dream - Ketika buang air kecil, terkadang cipratan urin bisa mengotori pakaian. Biasanya, hal tersebut paling sering terjadi pada pria.

Tentunya, pakaian yang harus dikenakan kembali akan membuat pemakainya merasa kurang nyaman karena kondisinya kotor dan basah. Permasalahan tersebut menjadi perhatian tim peneliti di University of Waterloo di Ontario, Kanada.

Dilansir Fatherly, mereka menemukan desain toilet urinoir yang anti-cipratan. Mereka membuat dua desain urinoir dan membandingkannya dengan desain standarnya dalam sebuah rangkaian tes anti-cipratan.

Desain mereka diharapkan bisa menjadi solusi para lelaki yang ingin menghindari cipratan urin ketika buang air kecil.

“ Menurut saya, sebagian besar dari kita tidak sengaja menemukan bahwa kita mengenakan celana berbintik-bintik. Tidak ada yang suka terkena urin, jadi mengapa tidak membuat urinoir untuk meminimalisir percikannya,” ujar Zhao Pan, ketua penelitian tersebut.

1 dari 2 halaman

Urinoir© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Peneliti mengarahkan semburan air dari busa padat ke urinoir untuk mengukur jumlah percikan urin. Mereka memvariasikan kecepatan dan arah jet untuk meniru beragam ketinggian orang yang buang air kecil.

Setiap tes percikan, tim peniliti menyeka urinoir dengan handuk kertas dan membandingkan massa handuknya saat basah maupun kering. Semakin berat handuk basah, semakin banyak percikan yang dihasilkan.

2 dari 2 halaman

Setelah melakukan banyak tes, peneliti menemukan sudut urinoir yang akan mengurangi cipratan paling banyak untuk manusia dengan ukuran rata-rata 30 derajat.

Peneliti menemukan bahwa urinoir biasa tidak dioptimalkan untuk mengurangi cipratan. Mereka mengklaim desain urinoir biasa menghasilkan cipratan 50 kali lebih banyak daripada desain buatan mereka.

Dengan desain urinoir ciptaan peneliti, biaya pembersihan bisa lebih hemat. Selain itu, desain ini akan membuat toilet jauh lebih bersih dan higienis.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita

Beri Komentar