Persembahan 'Batik for The World' Oscar Lawalata

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 22 Oktober 2018 13:40
Persembahan 'Batik for The World' Oscar Lawalata
Oscar Lawalata membuat 50 artikel dari kain karya pengrajin binaannya.

Dream – Kesadaran masyarakat terhadap batik semakin tinggi. Tak hanya pada acara formal, batik kini juga banyak dipakai dalam tampilan-tampilan kasual.

Para desainer pun semakin kerap menampilkan batik di atas catwalk bergengsi. Salah satunya desainer Oscar Lawalata. Kali ini dia menampilkan koleksi batik tema " Batik for The World: Menuju Seribu Kain" .

 Foto batik (1)

Dia membuat 50 artikel dari kain karya pengrajin binaannya.

" Mereka dibina melalui program Kreatif Bina Mandiri, supaya memiliki pengetahuan tentang warna, potongan pakaian dan motif," kata Oscar di Plaza Mandiri, Jakarta Pusat, Jumat 19 Oktober 2018.

 Foto batik (2)

Perajin yang dibina berasal dari beberapa daerah, yaitu Trenggalek, Ponorogo, Kediri, Gresik, Surabaya, Madura, Kupang, Waingapu dan Maumere.

1 dari 1 halaman

Gunakan Benang Khusus

Selain warna, kakak Mario Lawalata itu juga memberikan benang khusus pada para pengrajin. Dalam koleksinya, ia pun memakai bahan sutra, tenun, katun dan linen.

" Saya ingin membuat kainnya seperti terlahir kembali. Jadi saya sematkan manik, memakai teknik sulam dan menambahkan cutting yang tetap menonjolkan motif," kata dia.

 Foto batik (3)Foto batik (3) © Dream.co.id

Motif yang dipakai pada koleksinya didominasi oleh flora dan fauna. Hal tersebut didukung oleh motif khas Jawa Timur (Trenggalek, Ponorogo, Kediri, Surabaya dan Madura) yang kuat akan warna alamnya.

Di samping menunjukkan kepeduliannya pada pengrajin, pria yang sempat mendapat peran di film 'Banyu Biru' ini juga berharap para desainer bisa turut mengembangkan motif batik khas Indonesia.

 Foto batik (4)Foto batik (4) © Dream.co.id

" Saya ingin mengajak teman-teman desainer untuk tetap mengembangkan motif lama dan belajar membatik. Karena, untuk bisa berbagi ilmu pada pengrajin, desainer juga harus tahu cara buatnya,” kata dia.

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'