Awas, Pria Mampu Kenali Wanita Suka Selingkuh Hanya dari Foto

Reporter : Sandy Mahaputra
Kamis, 1 Oktober 2015 08:31
Awas, Pria Mampu Kenali Wanita Suka Selingkuh Hanya dari Foto
Untuk sampai pada kesimpulan itu peneliti membagikan 17 kartu yang masing-masing terdapat dua foto wanita di atasnya.

Dream - Pria ternyata dapat mengetahui apakah seorang wanita setia hanya dengan melihat wajahnya saja.

Hal itu terungkap dalam penelitian di University of Western Australia yang menemukan seorang pria dapat mengukur kesetiaan seorang wanita hanya dengan melihat pada wajahnya melalui foto.

Untuk sampai pada kesimpulan itu peneliti dari University of Western Australia, Samantha Leivers membagikan 17 kartu yang masing-masing terdapat dua foto wanita di atasnya. Foto pertama milik wanita yang setia. Sementara foto kedua milik wanita yang pernah selingkuh di masa lalu.

Semua responden pria yang menjadi objek penelitian sebelumnya tidak mengenal atau mengetahui ke-34 wanita dalam foto-foto tersebut.

Setelah diminta untuk memilih foto wanita yang tidak setia, mayoritas responden mampu menebak dengan benar.

Sebanyak 55 hingga 59 persen pria menebak dengan benar wanita yang tidak setia. Dengan demikian, peneliti bisa mengatakan seorang pria bisa mengetahui wanita yang tidak setia hanya dengan melihat pada raut mukanya.

Sementara perbedaan kecil dijelaskan Leivers sebagai 'secara statistik signifikan tetapi tergolong rendah'.

" Kami tidak mengharapkan mereka bisa 100 persen akurat ketika melihat wajah seseorang selama beberapa detik. Tapi faktanya mereka mampu menunjukkan akurasi hanya dari informasi yang sangat terbatas. Ini cukup keren," kata Leivers.

Peneliti percaya ekspresi wajah mungkin menjadi indikator akurat dari kemampuan emosional dan empati. " Ekspresi emosi ditemukan mampu memengaruhi penilaian orang lain tentang kesetiaan."

Leiver dan timnya berencana untuk meneruskan penelitian ini dengan mencari hubungan antara ekspresi dan emosi.

" Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui isyarat visual yang digunakan pria untuk membuat penilaian tentang kesetiaan, termasuk ekspresi emosi dan gestur wajah," ujar Leiver.

(Sumber: The Telegraph)

Beri Komentar