Ini Lokasi Museum Sejarah Rasulullah dan Peradaban Islam di Ancol

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 3 Juli 2020 19:01
Ini Lokasi Museum Sejarah Rasulullah dan Peradaban Islam di Ancol
Saat ini lahan untuk museum tersebut sedang disiapkan.

Dream - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah mempersiapkan lahan untuk pembangunan fasilitas umum baru di kawasan Ancol. Lahan tersebut kini sedang disediakan dengan cara reklamasi.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah, mengatakan di atas lahan reklamasi tersebut akan dibangun fasilitas yang bisa diakses oleh semua masyarakat. Salah satunya, Museum Sejarah Nabi Muhammad SAW dan Peradaban Islam.

" Di antaranya pembangunan tempat bermain anak dan pembangunan museum internasional sejarah Rasulullah dan peradaban Islam di kawasan Ancol tersebut," kata Saefullah, dikutip dari Liputan6.com.

Menurut Saefullah, ground breaking pembangunan museum tersebut sudah dijalankan pada Februari 2020. Sedangkan reklamasi dilakukan dengan mengeruk 13 sungai dan lima waduk di seluruh DKI untuk menanggulangi banjir.

 

1 dari 4 halaman

Tanah hasil pengerukan sungai dan waduk ditimbun di Ancol Timur dan Ancol Barat. Lokasinya menempel langsung dengan wahana wisata Taman Impian Jaya Ancol.

" Penumpukan tanah tersebut pada akhirnya akan membentuk area tersebut karena proses pemadatan yang dilakukan untuk menjaga agar tanah tidak tercecer ke dasar laut secara tidak teratur," kata Saefullah.

 

2 dari 4 halaman

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menerbitkan izin perluasan pengembangan kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol seluar 120 hektare dan Dunia Fantasi 50 hektare. Hal itu tertuang dalam Keputusan Gubernur Nomor 237 Tahun 2020 tanggal 24 Februari 2020.

" Memberikan izin pelaksanaan perluasan kawasan rekreasi Dunia Fantasi (DUFAN) seluas ± 35 (lebih kurang tiga puluh lima hektar) dan Kawasan Rekreasi Taman Impian Ancol Timur seluas ± 120 Ha (lebih kurang seratus dua puluh hektar) kepada PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk sesuai peta sebagaimana tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Gubernur ini," demikian bunyi keputusan tersebut.

Sumber: Liputan6.com/Ika Defianti

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Jakarta Kembali Dibuka, TMII Berjubel Pengunjung Bersepeda

Dream – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sudah kembali dibuka pada Sabtu 20 Juni 2020. Tempat wisata ini sudah mulai didatangi pengunjung.

Dikutip dari Liputan6.com, Sabtu 20 Juni 2020, Kepala Bagian Humas TMII, Sahda Silalahi, mengatakan sudah ada 2.134 pengunjung berdasarkan data pukul 12.00.

" Jumlah pengunjung per jam 12.00 WIB tadi, 2.134 orang," ujar Sahda.

Jumlah ini masih terbilang sedikit daripada hari libur seperti biasa. Sebelum pandemi virus corona Covid-19, Sahda menyebut jumlah pengunjung TMII pada hari libur mencapai lebih dari 30 ribu pengunjung. Untuk saat ini, menurut, Sahda terbilang lumayan.

Pengunjung lebih banyak yang menggunakan sepeda. Sahda juga memastikan protokol kesehatan tetap dijalankan di lingkungan TMII.

" Tapi kebanyakan pengunjung hari ini adalah pengendara sepeda, bersepeda santai keliling TMII," kata dia.

4 dari 4 halaman

Penawaran Menarik

Sebelumnya, Manager Informasi Budaya dan Wisata TMII, Diah Tri Irawati menyatakan waktu operasional TMII berubah. Biasanya sebelum pandemi virus corona atau Covid-19 jam operasionalnya menjadi pukul 22.00 WIB.

" Untuk operasional TMII buka pelayanan penjualan tiket pukul 08.00-16.00 WIB. Tutup operasional sore pukul 18.00 WIB," kata Diah saat dihubungi Liputan6.com.

Dia mengatakan pihaknya juga akan memberikan tiket promo buy one get one atau beli satu dapat dua tiket masuk yang berlangsung pada 20-30 Juni 2020.

Selain itu, Diah menyatakan tidak ada peraturan khusus pengunjung harus memiliki KTP DKI Jakarta. " Karena nuansa yang ditawarkan di TMII suasana kampung halaman dari anjungan daerah," kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Fachrur Rozie)

Beri Komentar