Alquran Braille Digital untuk Tunanetra

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 12 Juni 2019 09:00
Alquran Braille Digital untuk Tunanetra
Tak ingin para tunanetra kerepotan membawa Alquran braille cetak.

Dream - Tunanetra kerap menghadapi tantangan untuk membaca Alquran. Dengan perkembangan teknologi, ilmuwan Arab Saudi, Meshal Al Harasani, mengembangkan mushaf digital untuk membantu tunanetra.

Peneliti dari Universitas King Abdul Aziz ini sejak usia 13 tahun dikenal telah mengembangkan temuan untuk bidang kemanusiaan dan sosial.

" Ini adalah papan elektronik dengan 28 karakter dan setiap karakter memiliki enam huruf Braille, dan halaman papan berisi 28 baris," kata Al-Harasani kepada Arab News.

“ Tunanetra dapat membaca Alquran dengan mudah dan menavigasi halaman dengan mudah karena seluruh Alquran terdaftar di papan tulis,” ucap dia.

Al-Harasani menjelaskan bagaimana mushaf digital akan memudahkan proses membaca Alquran untuk tunanetra dibandingkan dengan versi normal Alqur'an dalam huruf Braille.

“ Tunanetra membaca Alquran huruf Braille dalam enam volume besar yang menyulitkan mereka untuk mencapai halaman, bab atau surat. Membawanya dan menyimpannya juga sulit karena ukurannya,” ucap dia.

2 dari 2 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Steve Emmanuel Divonis 9 Tahun Penjara