Bagian Tubuh Hewan Kurban yang Selalu Diambil Rasulullah

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 24 Agustus 2018 11:01
Bagian Tubuh Hewan Kurban yang Selalu Diambil Rasulullah
Rasulullah selalu berkurban lebih dari satu ekor hewan.

Dream - Syariat Islam membolehkan seseorang yang berkurban untuk mengambil sebagian dari hewan kurbannya. Hal ini agar orang yang berkurban dapat meraih berkah dari ibadah sunah itu.

Orang bisa memilih bagian tubuh mana saja dari tubuh hewan kurbannya. Jatahnya adalah sepertiga lebih sedikit, sisanya diberikan kepada orang lain.

Tetapi, ada bagian tubuh dari hewan yang selalu diambil Rasulullah Muhammad SAW ketika berkurban. Bagian tubuh mana itu?

Dikutip dari NU Online, Rasulullah selalu berkurban semasa hidup. Rasulullah juga memakan sebagian dari daging kurbannya.

Syeikh Nawawi Al Bantani dalam Tausyiah ala Ibni Qasim, memberikan penjelasan mengenai bagian tubuh hewan yang selalu diambil Rasulullah.

" Daging yang dijadikan tabarrukan sebaiknya adalah bagian hati hewan kurban karena meneladani Rasulullah SAW. Rasulullah SAW memakan hati hewan kurban yang tambahan dari kurban wajibnya. Pasalnya, meskipun kurban adalah wajib bagi Rasulullah, beliau SAW menyembelih lebih dari seekor hewan kurban yang wajib itu."

Menurut Syeikh Nawawi, para ulama Mazhab Syafi'i menganjurkan orang berkurban untuk mengambil hati hewan yang dikurbankan. Dengan memakan hati hewan kurban, harapannya meniru penduduk surga yang menyantap hati hewan yang disediakan Allah SWT.

" Hikmah anjuran memakan hati hewan kurban adalah harapan (tafa’ul) masuk surga karena yang pertama kali terjadi adalah hati yang dihidangkan bagi ahli surga sebagai bentuk penghormatan Allah kepada mereka. Dalam hadis tersebut bahwa penghormatan Allah pertama kali terhadap penghuni surga adalah pemberian makan lebihan hati ikan paus yang padanya tetap bumi. Lebihan itu adalah potongan daging yang tergantung di hati."

Selengkapnya...

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik