Bandara Kertajati Layani Penerbangan Umroh Tahun Ini

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 12 Desember 2018 07:00
Bandara Kertajati Layani Penerbangan Umroh Tahun Ini
Rombongan jemaah umroh pertama diberangkatkan dari BIJB pada 13 Oktober 2018.

Dream - Kementerian Perhubungan tengah berupaya mengalihkan sebagian penerbangan umroh dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, ke Bandara Internasional Kertajati. Nantinya, jemaah umroh dari Jawa Barat bisa langsung terbang dari bandara di Majalengka itu ke Arab Saudi.

" Ada satu inisiatif yang sudah saya sampaikan kepada Dirjen (Perhubungan Udara) untuk penerbangan umroh dari Jakarta, tapi kartu tanda penduduknya dari Bandung, dari Jawa Barat, bagian timur, kita bisa seleksi dan mereka diwajibkan untuk tidak terbang di Jakarta tapi lewat BIJB (Bandara Internasional Jawa Barat)," ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dikutip dari .

Menurut Budi, jadwal penerbangan di Bandara Soetta sudah sangat penuh. Dalam satu jam saja, kata dia, ada 81 penerbangan sehingga membuat penumpang harus menunggu. " Kita berusaha untuk me-manage kapasitas agar berangkat dari BIJB," kata dia.

Budi menjelaskan, sebenarnya penerbangan umroh terbanyak selama ini berasal dari Jawa Barat. Kapasitasnya mencapai jutaan orang. Hal itulah yang menjadi dasar pengalihan penerbangan umroh jemaah Jabar. Dengan begitu, jemaah umroh tidak perlu capek harus pergi ke Soetta lebih dulu.

" Jadi ada suatu penerbangan terus kita sisir, di situ ada 10 (orang) dari Cirebon, Indramayu, Majalengka. Nah itu kita kumpulin, sehingga mereka berangkatnya tidak dari jauh ke Soetta, tetapi Kertajati," ucap Budi.

Pengalihan ini, kata Budi, tetap membutuhkan waktu. Terutama soal kesiapan BIJB yang masih perlu digalakkan kembali apalagi menyangkut penambahan jadwal penerbangan umroh.

" Ini masih exercise, teknisnya tidak segampang yang saya omongkan. Makanya kita dorong intensif ini bergerak, satu mengurangi tekanan di Jakarta, kedua membuat pasar baru, saya pikir potensial," kata dia.

Mulai Oktober 2018, BIJB telah melayani penerbangan umroh. Rombongan umroh pertama diterbangkan dari BIJB ini pada 13 Oktober lalu berasal dari Purwokerto, Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan.

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting