Kemenag Segera Rilis Alquran Terjemahan Bahasa Madura dan Aceh

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 11 Desember 2018 16:00
Kemenag Segera Rilis Alquran Terjemahan Bahasa Madura dan Aceh
Ada tiga mushaf Alquran terjemahan baru, yaitu dalam Bahasa Aceh, Bugis, dan Madura.

Dream - Kementerian Agama akan meluncurkan kembali Mushaf Alquran Terjemahan Bahasa Daerah. Peluncuran ini akan menambahkan koleksi Mushaf Alquran Terjemahan yang disusun Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi, Badan Litbang dan Diklat Kemenag.

" Puslitbang Lektur akan meluncurkan Alquran Terjemah Tiga Bahasa Daerah, yaitu Bahasa Aceh, Bugis, dan Madura. Insya Allah peluncuran dilakukan bapak Menteri Agama," ujar Kepala Pusat Puslitbang Lektur, M Zain, dikutip dari Kemenag.go.id.

Zain mengatakan, saat ini sudah ada 12 mushaf Alquran terjemahan bahasa daerah. Dengan adanya tiga mushaf ini, maka jumlah mushaf terjemahan mencapai 15 mushat.

Sebanyak 12 mushaf tersebut diterjemahkan dalam berbagai bahasa, yaitu Sasak (Nusa Tenggara Barat), Kaili (Sulawesi Tenggara), Makassar (Sulawesi Selatan),Toraja (Sulawesi Tengan), Bolaang Mongondow (Sulawesi Utara), Batak Angkola (Sumatera Utara), Minang (Sumatera Barat), Banyumasan (Jawa Tengah) Dayak (Kalbar), Ambon (Provinsi Maluku), Bali (Provinsi Bali), dan Banjar (Provins Kalimantan Selatan). Mushaf ini juga sudah diedarkan.

Menurut Zain, terjemah Alquran ini merupakan komitmen Puslitbang Lektur untuk melayani masyarakat dengan menyediakan produk keagamaan yang diperlukan.

Selain itu, kata Zain, penerjemahan Alquran ke dalam bahasa daerah juga bertujuan untuk mendekatkan agama dengan umatnya. Dengan bahasa daerah, umat lebih mudah memahami kandungan Alquran.

Tak hanya itu, terjemah ini juga bagian dari upaya untuk melestarikan bahasa-bahasa daerah. Ini agar setiap habasa daerah tidak kehilangan penuturnya.

" Bila penuturnya hilang, maka kita akan kehilangan nilai-nilai dan kearifan luhur dari bahasa daerah tersebut," kata Zain.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone