Bisa Selesaikan Soal Sederhana Ini? Banyak yang Nyerah

Reporter : Puri Yuanita
Kamis, 25 Agustus 2016 19:14
Bisa Selesaikan Soal Sederhana Ini? Banyak yang Nyerah
Bisakah kalian menjawab soal yang membuat heboh di Internet ini? Awalnya terlihat mudah, tapi kemudian...

Dream - Beberapa soal persamaan matematika sepertinya diciptakan agar orang gemas dan dongkol karena kesulitan menjawab. Dan soal persamaan berikut adalah salah satunya.

Soal persamaan tersebut kini sedang viral di dunia maya karena menyebabkan perdebatan panas. Sekilas, soal tersebut tampak cukup sederhana. Namun anehnya, jawabannya bisa membuat orang stres.

Begini soal persamaan matematika itu pada baris pertama 1+1+1+1+11+1+1+, di baris ke dua soalnya adalah 1+11+1x0+1.

Bisakah kalian menjawab soal yang membuat heboh di internet ini? Awalnya terlihat mudah, bukan?

1 dari 2 halaman

Mudah tapi......

Soal ini membutuhkan keterampilan dalam hal pejumlahan dan perkalian. Ini tentu sangat mudah dilakukan.

Mari kita lihat pembahasan soal ini oleh laman Wittyfeed. Soal ini sangat mudah karena kalian hanya perlu menjumlahkan semua angka yang ada. Hasilnya adalah 17.

Masalah mulai muncul ketika menjawab bagian ke dua. Orang-orang bingung mulai dari mana memulainya, dari kiri atau dari kanan.

Jika dari kiri ke kanan, kalian hanya perlu menambahkan 1 dengan 11 sehingga didapat angka 12. Jadi, 12 ditambah 1 maka hasilnya 13.

Tapi jika kalian mengalikan 13 dengan 0 hasilnya pasti 0 dan jawaban akhirnya pasti 1 setelah ditambah dengan 1.

Bagaimana seharusnya? buka halaman berikutnya ya.....

 

2 dari 2 halaman

Hasilnya.....

Laman Wittyfeed membantu para netizen menjawab soal ini. Menurut mereka, soal itu bisa dijawab dengan melakukan penghitungan dari kiri dan juga dari kanan.

Jadi --untuk menghutung barisan ke dua sesuai rumusan itu, mereka menghitung dari kiri, yaitu [1+11+1] kemudian menghitung dari kanan [0+1]. Untuk tahap ini, mereka sementara mengabaikan tanda perkalian [x]

Dari model ini, maka penjumlahan pertama menghasilkan angka 13. Penjumlahan ke dua menghasilkan angka 1. Setelah ketemu angka-angka itu, baru Wittyfeed mengoperasikan tanda kali [x]. Sehingga hasilnya 13x1=13.

Sekarang sudah didapat jumlah masing-masing baris. Baris pertama jumlahnya 17. Baris ke dua 13. Sehinga jika dijumlahkan, 17+13 maka hasilnya adalah 30.

Tapi..... masih ingatkah kalian dengan rumus matematika bahwa operasi perkalian dan pembagian didahulukan daripada penjumlahan dan pengurangan?

Jika kita " taat" dengan " asas" yang juga diajarkan di sekolah-sekolah Indonesia itu, maka proses penghitungan baris ke dua itu akan seperti ini, berbeda dengan yang ditunjukkan oleh Wittyfeed:

1+11+[1x0]+1

Berdasar hukum itu, maka operasi perkalian, seperti di dalam kurung, harus didahulukan. [0x1=0]. Sehingga, perhitungan itu akan menjadi 1+11+0+1=13.

Jika hasil baris pertama dan ke dua dijumlahkan, maka [17+13=30]. Hasil akhirnya sama.

Hehehe... matematika sungguh menyenangkan, bukan?

Beri Komentar