Cara Atlet Paralimpik Jaga Mimpi para Disabilitas

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 12 Juni 2019 11:03
Cara Atlet Paralimpik Jaga Mimpi para Disabilitas
Turut belajar menggunakan kursi roda untuk merasakan kondisi yang sama.

Dream - Perjalanan Presiden Komite Paralimpik Thailand, Nick Bhirombhakdi, punya cara tersendiri membesarkan hati anak-anak dan kaum disabilitas di negaranya. 

Dia membuat film dokumenter untuk menunjukkan semangat para disabilitas. Melalui kanal televisi True 24 TV, semangat berlatih kaum disabilitas itu ditunjukkan.

Ditayangkan tiap pekan, acara ini sudah sampai 93 episode. Dalam acara itu, Nick ingin menunjukkan kehidupan atlet secara berbeda. 

Dia ingin masyarakat melihat perjuangan atlet demi mendapatkan medali untuk negaranya.

Selain membikin film dokumenter, Nick juga mengilhami anggota dewan JRNBA (Junior NBA) untuk berbagi permainan persahabatan dengan atlet disabilitas Thailand.

" Mungkin ini adalah pertama kalinya terjadi di Asia," kata Nick.

 

1 dari 2 halaman

Belajar

JRNBA merupakan program pelatihan bola basket global yang mengajarkan keterampilan dasar dan nilai-nilai inti dari permainan di tingkat dasar untuk mendorong dan meningkatkan pengalaman bola basket generasi muda untuk pemain, pelatih, dan orang tua.

Dalam forum itu, Nick membuat pertandingan persahabatan basket  kursi roda  dengan para anggota Dewan JRNBA.

Nick sendiri belajar menggunakan kursi roda untuk merasakan kondisi yang sama dengan atlet difabel. Walhasil, metode ini juga menggugah bekas pemain NBA untuk bergabung.

 

2 dari 2 halaman

Mengundang Mantan Pebasket NBA

Mantan pemain NBA Dikembe Mutombo pun bergabung dalam pertandingan persahabatan ini di Chulalongkorn University di Bangkok pada 27 April.

Selain itu, Nick juga berhasil mengatur pertandingan persahabatan dengan Vladimir Radmanovic, mantan pemain NBA yang gabung dengan klub basket LA Lakers. Pertandingan itu rencananya digelar pada 9 Juni 2019.

" Atlet difabel senang bahwa mereka memiliki kesempatan dalam hidup mereka untuk bermain dengan para super star pemain NBA  dan para super star juga sangat bahagia, karena mereka memiliki kesempatan untuk berbagi kebahagiaan dengan atlet difabel dan menggunakan kursi roda di kompetisi.

Melalui organisasinya, Nick juga mewujudkan emansipasi wanita melalui Kejuaraan Dunia Basket Kursi Roda U25 Wanita 2019 di Suphanburi, Thailand, dan Thailand adalah tuan rumahnya.

" Penyandang cacat sering menghadapi hambatan sosial dan kecacatan membangkitkan persepsi negatif dan descriminasi di banyak masyarakat, terutama dengan perempuan, sementara peluangnya lebih kecil dari laki-laki dan saya fokus pada menutup kesenjangan kesetaraan  untuk memastikan pemain perempuan dihargai kesetaraan," kata dia. (Ism)

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik