Dampak Menakutkan Pelecehan Seks Anak

Reporter : Amrikh Palupi
Sabtu, 14 Maret 2015 13:05
Dampak Menakutkan Pelecehan Seks Anak
Anak-anak korban pelecehan seksual harus segera ditangani oleh psikiater. Jika tidak, maka akan berdampak buruk terhadap perkembangan psikologi sang anak.

Dream - Anak-anak korban pelecehan seksual harus segera ditangani oleh psikiater. Jika tidak, maka akan berdampak buruk terhadap perkembangan psikologi sang anak.

Demikian disampaikan oleh psikiater, Nunki Suwardi, saat berbincang dengan Dream.co.id. " Anak korban pelecehan seksual, sebaiknya harus ditangani secara serius, perlu dilakukan pendekatan," tutur Nunki.

Menurut dia, anak yang mengalami pelecehan seksual sangat rentan mengalami gangguan psikologi. Mereka mudah tak percaya pada orang lain, murung, serta paranoid.

Dampak yang lebih parah, anak-anak yang menjadi korban akan melakukan perbuatan yang sama kepada anak lain, seperti yang mereka terima.

" Korban akan merasa dicelehkan karena itu korban akan melakukan hal yang sama pada anak lain," tutur Nunki.

Akibat psikologi semakin sulit diatasi apabila pelecehan seksual yang dialami anak-anak itu disertai dengan tindak kekerasan. " Jika kekerasan dilakukan sering disertai ancaman, maka akan membutuhkan waktu yang lama dalam penanganannya,"  tutur dia.

Nunki menambahkan, orangtua punya peran penting dalam proses penyembuhan trauma anak-anak korban pelecehan seksual. Sebab, orangtua merupakan orang yang paling dekat dengan anak-anaknya.

“ Tidak diberarkan jika orangtua saling menyalangkan, justru dengan berantem sang anak akan mengalami trauma yang lebih mendalam,” tegas Nunki. (Ism) 

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone