Geger Iklan Kontroversi Neymar di Mekah

Reporter : Sandy Mahaputra
Senin, 15 Februari 2016 07:03
Geger Iklan Kontroversi Neymar di Mekah
Karena dianggap melanggar kesucian kota Mekah. Kenapa?

Dream - Sebuah iklan yang dibintangi pemain depan Barcelona FC, Neymar, telah menimbulkan kontroversi di Mekah.

Iklan dia makan burger McDonalds menimbulkan kemarahan warga Arab Saudi, sehingga diturunkan dari jalan-jalan di kota yang disucikan umat Islam itu.

Menurut sebuah koran lokal, keputusan untuk menurunkan iklan McDonalds yang dibintangi Neymar itu karena dianggap melanggar kesucian kota Mekah.

Perusahaan asal Amerika Serikat itu akhirnya menurunkan iklan itu, setelah muncul kampanye yang mengkritik mereka di media sosial.

Seorang juru bicara dewan kota Mekah, Ozman Mali, mengatakan, dalam sebuah pernyataan mereka telah memberitahu McDonalds tentang tuntutan warga Kota Suci tentang iklan tersebut.

Dia juga mengumumkan mereka akan meminta badan terkait mempertimbangkan masalah ini di masa depan, untuk menghormati Mekah dan perasaan umat Islam.

Baik pemerintah Arab Saudi maupun McDonalds tidak bersedia mengklarifikasi tentang ukuran yang dibuat untuk melarang iklan Neymar itu.

Namun diduga, hal itu berkaitan dengan simbol-simbol non-Islam yang biasa dipakai atau ditunjukkan pemain berusia 24 tahun di lapangan.

Mekah adalah kota suci yang paling penting bagi Islam dan setiap tahun didatangi jutaan Muslim untuk menunaikan salah satu rukun Islam yakni haji. 

(Ism, Sumber: sport-english.com)

Beri Komentar