Kasus Covid-19 di Jatim Tinggi, Jokowi: 70% Masyarakat Tak Pakai Masker

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 25 Juni 2020 13:50
Kasus Covid-19 di Jatim Tinggi, Jokowi: 70% Masyarakat Tak Pakai Masker
Jokowi minta kasus infeksi Covid-19 di Jatim ditekan dalam dua pekan mendatang.

Dream - Jokowi menyoroti penambahan kasus Covid-19 di Jawa Timur yang sangat tinggi, bahkan terbanyak di Indonesia. Dia meminta penambahan kasus di Jatim bisa ditekan dalam waktu dua pekan.

" Saya minta dalam waktu dua minggu ini pengendaliannya betul-betul kita lakukan bersama-sama dan terintegrasi dari semua unit organisasi yang kita miliki di sini," ujar Jokowi, dikutip dari Liputan6.com.

Presiden bernama lengkap Joko Widodo itu mengingatkan pemerintah maupun masyarakat Jatim untuk berhati-hati. Mengingat Jatim saat ini mencatatkan kasus baru terbanyak.

" Hati-hati, (penambahan kasus) ini terbanyak di Indonesia. Tetapi juga yang menumbuhkan optimisme kita angka kesembuhannya (pasien corona di Jawa Timur) juga berada pada posisi yang lumayan yaitu 31 persen," kata dia.

Data per Rabu, 24 Juni 2020, menunjukkan kasus positif di Jatim bertambah sebanyak 183 pasien. Sehingga total kasusnya mencapai 10.298 pasien.

 

1 dari 2 halaman

Berharap Turun dalam 2 Pekan

Menurut Jokowi, penanganan Covid-19 di Jatim dalam dua pekan ke depan dijalankan secara terintegrasi. Dia meminta seluruh kepada daerah dan gugus tugas berperan bersama.

" Baik itu di gugus tugas, baik itu di provinsi, baik itu di kota dan di kabupaten, seterusnya sampai ke rumah sakit kampung, desa semuanya ikut bersama-sama melakukan manajemen krisis. Sehingga betul-betul kita bisa mengatasinya dan menurunkan angka positif tadi," kata dia.

Jokowi juga akan memantau perkembangan data penyebaran Covid-19 di Jatim. Dia berharap pengendalian dapat dijalankan dengan baik dalam dua pekan ke depan.

" Kita harapkan dalam 2 minggu ini betul-betul ada penurunan yang signifikan baik R0 baik RT semuanya kita harapkan bisa turun," ucap Jokowi.

 

2 dari 2 halaman

70 Persen Warga Jatim Tak Pakai Masker

Tak hanya itu, Jokowi juga menyoroti tingginya jumlah masyarakat yang tidak menggunakan masker. Dia pun meminta agar segera dikirim masker yang mencukupi untuk Jawa Timur.

" Tadi yang disampaikan gubernur, 70 persen tidak menggunakan masker. Itu angka yang gede. Tolong Pak Menkes atau BNPB segera kirim masker ke Surabaya atau Jatim," kata dia.

Sumber: Liputan6.com/Dian Kurniawan

Beri Komentar