KH Hasyim Muzadi di Mata Para Tokoh Nasional

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 16 Maret 2017 17:20
KH Hasyim Muzadi di Mata Para Tokoh Nasional
Ulama kharismatik yang bersahaja, sekaligus menyebarkan Islam damai, itulah kesan yang ditangkap para tokoh nasional pada almarhum Hasyim.

Dream - Wafatnya Mantan Ketua Umum PBNU, KH Ahmad Hasyim Muzadi, membuat banyak orang merasa kehilangan. Tidak terkecuali para tokoh nasional negeri ini.

Banyak tokoh yang mengenal Kiai Hasyim sebagai ulama kharismatik dan moderat. Tak hanya itu, Hasyim dikenal memiliki perhatian besar terhadap persoalan bangsa dan negara.

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, misalnya. Dia mengaku merasa sangat kehilangan sosok Kiai Hasyim, yang baginya merupakan seorang guru bangsa. Kiai Hasyim banyak mengajarkan nilai-nilai kebaikan dalam kebangsaan dan keagamaan.

" Ini bukan sesuatu yang sederhana untuk sebuah negara besar seperti Indonesia. Beliau juga menyampaikan hubungan antara mayoritas-minoritas. Bagaimana mayoritas melindungi yang minoritas, dan minoritas juga menghormati yang mayoritas," ujar Khofifah di Pondok Pesantren Al Hikam, Beji, Depok, Kamis 16 Maret 2017.

mensos khofifah© Dream.co.id

Hal senada disampaikan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid. Bagi Hidayat, Kiai Hasyim banyak mengajarkan dan menyebarkan citra Islam yang ramah dan moderat ke dunia internasional.

Dalan kesempatan terakhir bertemu Kiai Hasyim, Hidayat mengaku terkesan dengan ceramah Anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu tentang Islam dan bernegara.

" Waktu itu ada kumpul alumni Pesantren Gontor, dalam posisi Wantimpres beliau memberikan ceramah yang luar biasa," kata Hidayat.

Hidayat Nur Wahid© Dream.co.id

Kesan serupa disampaikan Imam Besar Masjid Istiqlal, Nazaruddin Umar. Menurut Nazaruddin, nama dan pemikiran Hasyim begitu dihormati di dunia internasional.

" Jadi kami punya dua orang yang sangat terkenal di luar (negeri), Abdurrachman Wahid atau Gus Dur dan KH. Hasyim Muzadi. Nah, dua-duanya kita kehilangan. Membutuhkan waktu untuk melahirkan sosok-sosok seperti beliau," kata Nasaruddin.

Shinta Nuriyah Wahid© Dream.co.id

Dalam pantauan Dream, selain beberapa nama tadi, ada banyak tokoh nasional yang hadir melayat ke rumah duka. Mereka seperti istri almarhum Gus Dur, Shinta Nuriah Wahid, dan Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Din Syamsuddin.

Beri Komentar