Lagi, Dua Program Ramadan Disemprit KPI

Reporter : Sandy Mahaputra
Kamis, 30 Juni 2016 17:14
Lagi, Dua Program Ramadan Disemprit KPI
Kedua tayangan itu menampilkan...

Dream - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat kembali melayangkan peringatan tertulis kepada dua program siaran Ramadan, yakni Q Academy (Indosiar) dan Mari Kita Sahur (Trans TV).

Menurut KPI dalam situs resminya dikutip Dream, Kamis 30 Juni 2016, program siaran Q Academy yang ditayangkan Indosiar pada 8 Juni 2016 pukul 20.16 WIB tidak memperhatikan ketentuan tentang norma kesopanan dan perlindungan remaja.

Program itu menayangkan beberapa adegan seorang pria yang sedang menyanyi kemudian mulutnya disumpal tisu oleh rekannya. KPI Pusat menilai muatan demikian berpotensi membawa pengaruh negatif dan mendorong khalayak yang menonton untuk meniru perilaku tersebut.

Selain itu kami juga menemukan tayangan lain dengan muatan perkataan yang bersifat merendahkan antara lain pada 6 Juni 2016 " …ngliat belakangnya Igun kayak tembok yang dicoret-coret" , 9 Juni 2016 " muka kamu itu kan saat ini masih gigi semua ya" , dan 19 Juni 2016 " …tiba-tiba ada kulkas dua pintu di sini" .

Kemudian pada 10 Juni 2016 terdapat pula adegan seorang pria yang wajahnya ditepuk dengan sebungkus tisu dan perkataan host yang menyamakan tubuh seseorang dengan angka 0.

KPI juga mencatat program siaran Mari Kita Sahur yang ditayangkan TRANS TV pada 20 Juni 2016 mulai pukul 02.13 WIB,menayangkan kalimat-kalimat ejekan atau candaan yang merendahkan pemain lain. salah satunya; " …lah model lu kayak salak gini" .

Selain itu juga terdapat adegan menaburkan tepung/bedak ke wajah pemain lain.

Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan memberikan peringatan agar kedua program acara itu melakukan evaluasi internal.

1 dari 1 halaman

3 Program Ramadan Ini Ditegur KPI, Lihat Isi Tayangannya..

Dream - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melayangkan surat peringatan untuk 3 program siaran Ramadan, yaitu 'Pesbukers Ramadhan' ANTV, 'Majelis Sakinah' I-News TV, dan 'OVJ Sahur Lagi' TRANS 7.

Ketiga acara itu dinilai menayangkan adegan yang tidak pantas dan berpotensi memberi pengaruh buruk bagi khalayak khususnya anak-anak dan remaja yang menonton. Demikian dijelaskan dalam surat peringatan KPI Pusat yang ditandatangani Wakil Ketua KPI Pusat Idy Muzayyad, Rabu 22 Juni 2016.

Menurut surat peringatan KPI Pusat ke ANTV. Acara 'Pesbukers Ramadhan' yang ditayangkan ANTV pada 15 Juni 2016 pukul 16.37 WIB, dinilai tidak memperhatikan ketentuan tentang norma kesopanan serta perlindungan anak-anak dan remaja.

Program tersebut menampilkan Zaskia Gotik melakukan gerakan goyang nyolot dengan cara mengarahkan bagian dadanya ke seorang pria.

Sementara acara 'Majelis Sakinah' yang ditayangkan oleh I-News TV pada 8 Juni 2016 pukul 09.04 WIB dinilai KPI Pusat tidak memperhatikan ketentuan tentang norma kesopanan, perlindungan anak-anak dan remaja, serta penggolongan program.

Program tersebut menampilkan ceramah yang secara detail membahas mengenai malam pertama seorang pria dan wanita. KPI menilai muatan tersebut merupakan muatan dewasa sehingga dapat berpengaruh buruk bagi anak-anak dan remaja bila ditayangkan di luar jam tayang dewasa.

Adapun program siaran 'OVJ Sahur Lagi' yang ditayangkan oleh TRANS 7 pada 10 Juni 2016 pukul 03.41 WIB dianggap tidak memperhatikan ketentuan tentang norma kesopanan. Program tersebut menampilkan adegan seorang pria yang didorong dari belakang hingga seorang wanita ikut terjatuh.

Selain itu, pada tanggal 8, 11, 12, dan 13 Juni 2016 terdapat kalimat-kalimat ejekan antara pemain yang bersifat merendahkan seperti " penghapus pensil" , " cilok bandung" , " abi ngepet" , " mukanya kayak zebra cross" .

Dalam suratnya, KPI Pusat mengingatkan ketiga stasiun televisi untuk segera melakukan evaluasi internal atas program yang diberi peringatan. KPI juga akan terus melakukan pengawasan intensif atas 3 program tersebut.

Hingga kini belum ada keterangan resmi dari pihak televisi yang menayangkan ketiga program tersebut. 

(Ism, Sumber: kpi.go.id)

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting