Malaysia Siap Lanjutkan Pencarian Pesawat MH 370

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 4 Maret 2019 19:00
Malaysia Siap Lanjutkan Pencarian Pesawat MH 370
Pemerintah Malaysia membantah sembunyikan informasi.

Dream - Pemerintah Malaysia menunggu proposal baru dari perusahaan eksplorasi Amerika Serikat, Ocean Infinity, atau pihak lain yang ingin mencari pesawat Malaysia Airlines MH 370.

" Jika ada proposal dan petunjuk yang kredibel, maka kami siap untuk melihatnya. Ini bukan seolah-olah kami duduk di sini dan tidak melakukan apa-apa," kata Menteri Transportasi Malaysia, Anthony Loke, dilaporkan The Star Malaysia, Senin 4 Maret 2019.

Loke menghadiri peringatan tahunan hilangnya MH 370 di Pulika Shopping Gallery, Minggu 3 Maret 2019. Pada peringatan itu dia mengatakan akan membuka diskusi baru dengan Ocean Infinity, setelah pada tahun lalu gagal karena terkendala `biaya pencarian`.

" Seperti yang disebutkan oleh CEO Ocean Infinity, mungkin ada beberapa teknologi baru selama 12 bulan terakhir dan kami bersedia melihatnya. Dan jika ada proposal 'tidak ditemukan, tidak ada bayaran', maka kami siap untuk melihatnya," ucap dia.

Loke menambahkan, pemerintah Malaysia tidak dapat menyisihkan dana untuk pencarian tanpa adanya proposal.

1 dari 1 halaman

Banyak Sembunyikan Data Penting

Dia juga menolak tuduhan anggota keluarga penumpang dan awak pesawat MH 370 bahwa pemerintah menahan informasi penting tentang pesawat yang hilang.

" Informasi apa pun yang kami miliki telah dibagikan dalam laporan akhir. Tidak ada informasi yang disembunyikan. Laporan ini diterbitkan secara lengkap" ujar dia.

" Sejauh menyangkut laporan, itu sudah final. Sekarang kami fokus melanjutkan pencarian," kata dia.

Penerbangan MH370 menjadi salah satu misteri penerbangan terbesar di dunia. Pesawat tersebut menghilang pada 8 Maret 2014, saat perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing dengan 239 orang penumpang di dalamnya.

Penyelidik menyimpulkan bahwa pesawat telah membelok ribuan kilometer dari rute sebelum jatuh ke Samudera Hindia. Banyak bagian pesawat telah ditemukan, namun hanya tiga fragmen sayap yang dipastikan berasal dari MH370.

Pencarian yang dipimpin oleh Australia di Samudra Hindia gagal menemukan pesawat yang hilang. Perusahaan eksplorasi AS, Ocean Infinity, melanjutkan pencarian tahun lalu tetapi tidak berhasil.

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'