ASN Jangan Tergiur Iming-iming Naik Pangkat

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Senin, 4 Maret 2019 15:01
ASN Jangan Tergiur Iming-iming Naik Pangkat
Lukman menegaskan apabila ada tawaran naik pangkat dengan syarat membayar sejumlah uang, itu adalah penipuan.

Dream - Naik pangkat tentu jadi harapan setiap karyawan, terutama Aparatur Sipil Negara (ASN). Dengan begitu, kondiis keuangan dapat terjamin dengan meningkatnya upah.

Tetapi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengingatkan agar para ASN tidak mudah tergiur dengan iming-iming naik pangkat yang mensyaratkan biaya dengan jumlah tertentu.

" Itu jelas penipuan, tidak ada pembayaran dalam kenaikan pangkat. Jangan mau melayani hal hal seperti itu," ujar Lukman saat bertemu guru, penyuluh dan penghulu se-Jawa Timur, dikutip dari Kemenag.go.id, Senin 4 Maret 2019.

Pernyataan Lukman ini merupakan tindak lanjut dari keluhan salah seorang guru MAN 1 Tuban, Suhartati. Dia mengaku pernah mendapat tawaran naik pangkat namun harus menyetor sejumlah uang.

Suhartati mengalami peristiwa itu pada 2017. Ketika itu, dia mengajukan kenaikan pangkat dari golongan IVa ke IVb.

Keesokan harinya, ada seseorang menelepon. Kepada Suhartati, orang itu memintanya menghubungi seorang pejabat di Kemenag Pusat.

" Dia mengatakan hak saya sudah ada dan meminta saya untuk mencatat salah satu nomor rekening Bank Mandiri, apakah yang begini memang harus dipenuhi prosesnya Pak Menteri," kata Suhartati.

Lukman kembali menegaskan proses kenaikan pangkat sama sekali tidak ada pungutan biaya. Jika menemukan hal tersebut, Lukman meminta para ASN untuk melapor. (ism)

Beri Komentar
Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam