Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Seleksi Petugas Haji Tingkat Kanwil Digelar Besok

Seleksi Petugas Haji Tingkat Kanwil Digelar Besok Petugas Haji Indonesia (Foto: Kemenag.go.id)

Dream - Hasil seleksi petugas haji tingkat Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten/Kota segera diumumkan. Peserta yang lulus harus mengikuti seleksi tahap kedua di tingkat Kanwil Kemenag Provinsi pada 5 Maret 2019. 

“Berbeda dengan di Kankemenag Kab/Kota, ujian petugas haji tingkat Kanwil Kemenag Provinsi tidak dilakukan secara tertulis tapi menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT),” ujar Direktur Bina Haji Khoirizi di Jakarta, Jumat, 1 Maret 2019.

“Selain CAT, akan dilakukan juga ujian praktik dan wawancara,” kata dia.

Khoirizi memastikan pelaksanaan ujian dengan metode CAT telah siap untuk digunakan pada 5 Maret mendatang. Saat ini, panitia masih mengunggah daftar nama peserta yang lolos seleksi tahap pertama ke dalam aplikasi.

“Aplikasi ujian telah siap. Soal ujian CAT juga sudah diposting,” kata Khoirizi.

Kepada peserta seleksi tahap kedua ini, Khoirizi berpesan agar peserta memastikan ketersediaan paket data telepon selulernya. Sebab, panitia tidak menyediakan jaringan wi-fi di lokasi tes.

Peserta juga diminta datang lebih awal agar bisa mencoba aplikasinya sekaligus jaringan mengecek signal di lokasi tes cat.

"Peserta tes tidak dibolehkan membawa hp lebih dari satu. Untuk kelancaran pelaksanaan tes, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah sudah menyiapkan Tim Khusus untuk memantau proses seleksi selama 24 jam di kantor Siskohat," ujar dia.

Kepala Sub Direktorat Pembinaan Petugas Haji, Ahmad Jauhari, mengatakan, soal CAT terdiri dari 100 soal pilihan ganda. Waktu pengerjaan paling lambat 90 menit.

“Komposisi soal terdiri dari Pengetahuan Umum 15 persen, Regulasi Perhajian 15 persen, Manasik Haji 15 persen, dan Pengetahuan Bidang Tugas 55 persen," jelasnya.

Jauhari menambahkan, peserta ujian CAT di Kanwil Kemenag Provinsi terbagi dua. Pertama, petugas yang menyertai jemaah haji (petugas kloter), terdiri dari, Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) Ketua Kloter dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Pembimbing Ibadah Kloter.

Jumlah Petugas Haji

Kedua, petugas yang tidak menyertai jemaah haji atau biasa disebut petugas non kloter yaitu PPIH Arab Saudi.

Jemaah haji Indonesia terbagi menjadi 511 kloter. Setiap kloter ada lima petugas, yaitu, tiga petugas kesehatan (dokter dan perawat), serta masing-masing petugas pemandu haji dan pembimbing ibadah haji Indonesia.

"Untuk petugas kloter, total ada 1.022 orang yang direkrut Kemenag, dan 1.533 orang yang direkrut oleh Kemenkes," ujarnya.

Untuk petugas non kloter, lanjut Jauhari, jumlahnya 1.220 orang, terdiri dari 914 petugas yang direkrut Kemenag dan 306 petugas yang direkrut Kemenkes.

Sebanyak 914 petugas terdiri dari unsur Kemenag dan unsur instansi terkait, antara lain, TNI/Polri, Media Center Haji (MCH), BPS, Konsultan Ibadah, dan lainnya.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ganjar Jawab Sindiran Prabowo Soal Internet Cuma Diminta Orang Berotak Agak Lamban:

Ganjar Jawab Sindiran Prabowo Soal Internet Cuma Diminta Orang Berotak Agak Lamban: "Ngak Kebalik Tuh?"

Ganjar menilai, tak mungkin seseorang memilih internet gratis otaknya lambat. Sebab, dari memilih internet gratis menandakan adanya keinginan untuk percepatan.

Baca Selengkapnya
Umroh pada Hari Pencoblosan 14 Februari, WNI Dipastikan Kehilangan Hak Pilih

Umroh pada Hari Pencoblosan 14 Februari, WNI Dipastikan Kehilangan Hak Pilih

Kemungkinan jemaah umroh bisa mencoblos di sana sangat kecil karena keterbatasan surat suara yang disediakan

Baca Selengkapnya
Atasi Kantuk dengan 6 Cara Ini, Dijamin Puasa Segar Seharian!

Atasi Kantuk dengan 6 Cara Ini, Dijamin Puasa Segar Seharian!

Rasa kantuk ini seringkali muncul sebagai tamu tak diundang yang mengganggu produktivitas dan semangat dalam menjalani hari.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.