Menhub: Kapasitas Penumpang KM Sinar Bangun Cuma 43 Orang

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Rabu, 20 Juni 2018 17:30
Menhub: Kapasitas Penumpang KM Sinar Bangun Cuma 43 Orang
Tim pencari masih kesulitan memastikan jumlah korban karena tak adanya manifesto perjalanan kapal.

Dream - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyebut Kapal Motor (KM) Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba, Sumatera Utara hanya memiliki kapasitas 43 penumpang.

" Berkaitan kapasitas, kapal itu kapasitasnya 43 orang," ujar Budi saat menggelar konferensi pers di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu 20 Juni 2018.

Saat ini, 22 orang telah ditemukan dimana tiga diantaranya meninggal dunia. Dari korban tewas itu, semuanya berjenis kelamin perempuan.

 Pencarian kapal tenggelam di Danau Toba

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya M Syaugi berujar, jumlah laporan kehilangan anggota keluarga dari masyarakat yang diterima petugas gabungan dalam operasi pencarian kapal hilang itu telah mencapai 192 orang.

" Yang hilang laporan dari masyarakat sampai tadi siang 192 itu yang hilang itu nggak tahu naik kapal atau tidak. Ini kita tidak tahu jumlah pastinya karena enggak ada manifest," kata Syaugi.

Syaugi menjelaskan, korban meninggal dunia ditemukan 3-5 kilometer dari titik lokasi tenggelamnya kapal. Saat ini, korban selamat telah kembali ke rumahnya masing-masing.

Untuk sementara, semua kapal dilarang beroperasi di perairan Danau Toba selama proses pencarian kecuali KMP Sumut 1 dan KMP Sumut 2.

(Sah)

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik