Jejak Kaki Misterius di Pantai Menguak Fakta Mengejutkan

Reporter : Maulana Kautsar
Minggu, 1 April 2018 12:00
Jejak Kaki Misterius di Pantai Menguak Fakta Mengejutkan
Jejak-jejak kaki tersebut ditemukan secara tak sengaja.

Dream - Jejak kaki kuno yang diduga kuat milik orang dewasa dan anak-anak zaman kuno di garis pantai Pulau Cavert, Provinsi British Columbia, Kanada. Penemuan jejak kaki misterius berusia 13.000 itu diterbitkan dalam Jurnal Plos-One.

" Jejak fosil jarang ditemukan di situs arkeologi, meskipun berada di daerah pantai, di mana mereka kadang-kadang terkena erosi," kata penulis dan asisten profesor antropologi di University of Victoria, Duncan McLaren, kepada CNN, Kamis 29 Maret 2018.

Awalnya, para peneliti mencari bukti arkeologi dari fosil dan endapan tumbuhan. Kemudian, temuan jejak fosil itu mengubah arah penelitian. Selama penggalian mereka menemukan total 29 jejak kaki. Seluruh bukti itu memiliki ukuran berbeda dan menunjukkan tiga individu yang berbeda. Sebab, jari-jari kaki dan tumit mereka terlihat jelas.

Beberapa jejak tumit terlihat cenderung menyeret, yang menyiratkan bahwa mereka tergelincir di lumpur garis pantai. Jejak kaki tersebut tidak berada dalam barisan, tetapi dalam bentuk kerumunan, yang menunjukkan adanya aktivitas terkonsentrasi di daerah tersebut.

" Terutama tiga ukuran jejak kaki yang berbeda yang ditemukan memunculkan citra keluarga inti atau sekelompok kecil orang yang menggunakan daerah itu," tulis McLaren.

" Sebagian besar jejak kaki menghadap ke daratan ... dan mereka mungkin mewakili tempat di mana orang-orang turun dari perahu sebelum pindah ke daerah yang lebih kering."

Sumber: Liputan6.com/Happy Ferdian Syah Utomo

Beri Komentar