Tak Punya Ruang Parkir, Dilarang Beli Mobil

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 27 Desember 2016 16:29
Tak Punya Ruang Parkir, Dilarang Beli Mobil
Kepemilikan mobil di Delhi, India meningkat, tetapi para pembeli tidak memiliki ruang parkir pribadi di rumahnya.

Dream - India berencana melarang pembelian mobil baru jika calon pembeli tidak memiliki ruang parkir memadai. Aturan itu untuk menekan banyaknya mobil berkeliaran di jalanan yang menyebabkan kemacetan.

" Saya sangat tertarik pada rencana ini. Saya bicara dengan menteri perhubungan. Kami akan menerapkan aturan ini," ujar Menteri Pembangunan Perkotaan India, M Venkaiah Naidu, dikutip Dream dari laman India Times, Selasa 27 Desember 2016.

Rencana ini digagas oleh Kementerian Pembangunan Perkotaan, yang akan dibahas oleh Kementerian Perhubungan. Ruang parkir dan kemacetan di India memang telah menjadi keprihatinan besar. " Kami sangat serius terkait hal ini," ujar pejabat Kementerian Transportasi.

Ahli transportasi perkotaan menyambut baik rencana itu, tetapi mereka berpikir kebijakan ini akan sulit diterapkan. Penyebabnya, pendaftaran kendaraan ditangani oleh departemen transportasi, sedangkan penataan parkir menjadi wewenang pemerintah kota.

Selain itu, pembatasan pembelian mobil baru idealnya diawali dengan penyediaan sarana transportasi publik yang memadai. Apalagi, usulan membatasi pembelian mobil bagi masyarakat perkotaan bukanlah hal biasa.

1 dari 1 halaman

Di Negara Lain?

Di sejumlah kota besar dunia, kebijakan seperti itu memang sudah dilakukan. Namun sebelum diterapkan, kota-kota itu terlebih dahulu meningkatkan infrastruktur transportasi publik.

" Banyak kota metropolitan di seluruh dunia telah menerapkan kepemilikan mobil dengan cukup sukses. Hal itu tentu didahului dengan peningkatan infrastruktur transportasi publik yang juga membantu meredusir polusi pada ruang publik," ujar arsitek dan perencana kawasan perkotaan Sudhir Vohra.

" Jika langkah-langkah ini dijalankan secara terencana dan logis, di masa mendatang dapat dipastikan akan menjadikan Delhi sebagai kota metropolis yang sesungguhnya," ucap Sudhir.

Para ahli juga menginginkan pemerintah mengambil sejumlah kebijakan seperti biaya parkir yang naik secara bertahap, pengenaan biaya tambahan untuk penggunaan mobil pribadi di kawasan padat, serta menaikkan suku bunga kredit mobil untuk menekan pembelian mobil.

Beri Komentar