Teka-teki Selang Tabung Gas di Dekat Jasad Ipar Arumi Bachsin

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 14 Desember 2018 10:20
Teka-teki Selang Tabung Gas di Dekat Jasad Ipar Arumi Bachsin
Polisi akan mencari tahu penyebab kematian Eril hingga benderang.

Dream - Meninggalnya Eril Ario Ristanto dalam kamar kos di kawasan Dago, Bandung, Jawa Barat, masih diselimuti teka-teki. Polisi belum menyimpulkan penyebab meninggalnya adik kandung Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Irman Sugema, mengatakan, ada bebera temuan di lokasi saat olah tempat kejadian perkara (TKP). Salah satu yang menyita perhatian yaitu tabung gas bertuliskan lambang He dan tabung freon.

" Ada tabung gas bertuliskan He. Helium atau bukan, belum dipastikan," kata Irman, dikutip dari Liputan6.com, Jumat 14 Desember 2018.

Dalam olah TKP, Irman mengatakan, polisi menemukan selang yang tersambung ke kantong plastik yang menutupi kepala Eril.

" Posisi korban, ada selang yang disambungkan ke tabung gas dan dimasukkan ke kantung kresek menutupi kepala korban," ujar Irman.

1 dari 5 halaman

Kenapa Tolak Otopsi?

Pihak keluarga menolak autopsi jenazah Eril. Meski demikian, polisi akan meminta bantuan Pusat Laboratorium Forensik Polri untuk membuat terang benderang penyebab kematian adik ipar Arumi Bachsin tersebut.

Emil Dardak mengatakan, keluarganya tak tega jasad Eril dibedah. " Ya Anda bayangin autopsi dibuka dibelek gitu, kami enggak mau," ujar Emil.

Emil Dardak menyebut kematian sang adik lantaran penyakit jantung. Meski begitu, Emil tak mengetahui bahwa Eril memiliki riwayat jantung.

" Setahu saya dia enggak ada riwayat jantung," kata Emil.

Selain penyakit jantung, sempat beredar kabar kematian Eril karena penyakit asmanya yang kambuh. Dugaan itu muncul dari kerabat almarhum, Sumarji.

" Kemungkinan meninggal karena penyakit asma yang kambuh. Mengingat yang bersangkutan mengidap penyakit asma," ujar Sumarji.

2 dari 5 halaman

Ada Tanda Biru

Dream - Keluarga Eril Arioristianto Dardak memang menolak mengotopsi jasad mahasiswa ITB yang ditemukan meninggal dunia di kamar itu. Tapi mereka yakin Eril meninggal karena serangan jantung.

" Penyebabnya sakit jantung," ujar kakak Eril, Emil Dardak, usai pemakaman di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Kamis 13 Desember 2018.

Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih itu mengaku baru mengetahui penyebab kematian Eril saat memandikan jenazah sang adik. Menurut dia, bagian dada sampai kepala Eril terlihat biru-biru. 

 adik emil dardakadik emil dardak © adik emil dardak

Proses pemakaman Eril Dardak (Nur Ulfa/ Dream)

Tanda itulah yang membuat suami artis Arumi Bachsin itu yakin bahwa Eril meninggal karena serangan jantung. Meski demikian, Emil mengaku tak pernah tahu adiknya memiliki riwayat sakit jantung. 

" Setahu saya dia enggak ada riwayat jantung," tutur Emil Dardak.

Jasad Eril ditemukan di kamar kosnya di kawasan Bandung, Jawa Barat, Rabu kemarin, sekitar pukul sebelas siang. Saat ditemukan, wajah Eril tertutup plastik. Sejumlah barang, seperti pompa kue juga ditemukan di sekitar jasadnya.

3 dari 5 halaman

Kondisi Terakhir Kamar Kos Emil Dardak, TV Menyala dan Ada `Tabung He`

Dream - Penyebab kematian Eril Arioristanto Dardak masih terus diurai polisi. Kapolrestabes Bandung, Kombes Irman Sugena, menyebut ada temuan tabung diduga berisi helum dan freon di kamar kos Eril.

" Ada beberapa hal yang ditemukan di lokasi saat olah tempat kejadian perkara, ada tabung gas bertuliskan He, helium atau bukan belum dipastikan, dan tabung freon," kata Irman, kepada Liputan6.com, Kamis, 13 Desember 2018.

Polisi juga menemukan, kondisi televisi di kamar Eril yang masih menyala.

Irman menyebut, sejauh ini polisi tak menemukan tanda penganiayaan di tubuh Eril.

Sebelumnya Kasatreskrim Polrestabes Bandung, AKBP Mochammad Rifai, salah satu benda yang ditemukan di dekat jasad Eril adalah alat pompa untuk membuat kue. 

" Alat itu, tapi buat apa tergeletak di situ, terus handuk ada di bawah dia, ini yang sedang didalami," ujar Rifai, dikutip dari PojokSatu.

Selain pompa itu, benda yang menyita perhatian yaitu kantong plastik. Benda ini menutupi wajah Eril ketika jenazah ditemukan. " Petugas menemukan Eril dalam keadaan tergeletak tak bernafas dengan wajah tertutup plastik," ucap dia.

Sumber: Liputan6.com/Andry Haryanto

4 dari 5 halaman

Benda Ini Ditemukan di Dekat Jasad Adik Ipar Arumi Bachsin

Dream - Polisi menemukan kejanggalan dalam kasus kematian Eril Arioristanto Dardak, adik Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih, Emil Dardak. Sejumlah benda ditemukan di sekitar jasad Eril di kamar indekos lantai tiga di Bandung itu.

Menurut Kasatreskrim Polrestabes Bandung, AKBP Mochammad Rifai, salah satu benda yang ditemukan yaitu alat pompa untuk membuat kue. " Alat itu, tapi buat apa tergeletak di situ, terus handuk ada di bawah dia, ini yang sedang didalami," ujar Rifai, dikutip dari PojokSatu, Kamis 13 Desember 2018.

Selain pompa itu, benda yang menyita perhatian yaitu kantong plastik. Benda ini menutupi wajah Eril ketika jenazah ditemukan. " Petugas menemukan Eril dalam keadaan tergeletak tak bernafas dengan wajah tertutup plastik," ucap dia.

Rifai menyebut, plastik itu tidak dalam keadaan rapat ketika menutupi wajah adik ipar Arumi Bachsin tersebut. " Plastik itu tidak bisa dikatakan membekap karena itu terbuka, tidak terkunci, enggak tahu dia lagi apa, plastik dipasang begitu saja," kata Rifai.

Sumber: Pojoksatu.id

5 dari 5 halaman

Emil Dardak Ungkap Sosok Sang Adik

Dream - Emil Elestianto Dardak terlihat sangat terpukul dengan meninggalnya sang adik, Eril Ario Listianto. Di mata wakil gubernur Jawa Timur terpilih itu, mendiang merupakan sosok baik dan supel sehingga penggaulannya cukup luas sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

" Adinda Eril adalah seorang mahasiswa yang memiliki banyak teman yang kami ketahui dari SD, SMP, SMA dan kuliah. Dan dia sangat solider dengan teman-temannya," ujar Emil saat memberi sambutan dalam pemakaman Eril di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Kamis 13 Desember 2018.

 emil dardakemil dardak © emil dardak

Foto : Nur Ulfa/Dream

Kepribadian itu ditunjang dengan kemampuan intelektual Eril yang diakui Emil sangat baik. Diungkapkannya, Eril cukup berprestasi sejak sekolah di bangku SD hingga perguruan tinggi. Ini dibuktikan dengan terpilihnya Eril menjadi salah satu mahasiswa Indonesia yang bertatap muka dengan Presiden Ukraina.

" Seorang Eril bahkan pernah audiensi dengan Presiden di Ukraina sebagai perwakilan pemuda, dan aktif sebagai mahasiswa," ucapnya.

 adik emil dardakadik emil dardak © adik emil dardak

Foto : Nur Ulfa/Dream

Tak hanya itu, sang adik juga dikenal sebagai sosok yang gigih untuk mengejar cita-citanya. Selain di bidang akademik, Eril juga mulai menunjukan kemampuan di bidang politik. Bahkan saat ini, Eril diketahui tengah mencalonkan diri menjadi calon anggota legislatif DPR RI.

" Saya lihat sendiri perjuangan Eril gimana. Dan saya harap ini semua bisa dikenang dipenghujung hidupnya," tuturnya.

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'