Ngeri! Fani Ancam 100 Juta Warga India, Suhu Hampir `Setengah Matang`

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 3 Mei 2019 11:00
Ngeri! Fani Ancam 100 Juta Warga India, Suhu Hampir `Setengah Matang`
Proses evakuasi terus berlangsung.

Dream - Topan Fani mengancam ratusan juta penduduk India. Topan Fani yang tiba kali ini disebut sebagai salah satu topan terkuat yang melesat di pantai timur India.

Sebanyak 100 juta orang terancam karena kedatangan topan ini. Sebagai antisipasi, pejabat setempat mengevakuasi warga.

Dilaporkan CNN, Topan Tropis Fani yang berkecepatan 190 kilometer per jam dengan hembusan 201 kilometer per jam tiba di India, Kamis, 2 Mei 2019. Dengan kekuatan itu, topan ini masuk kategori 3, dengan skala Saffir-Simpson.

Diperkirakan topan itu akan menyerang negara bagian Odisha pada Jumat sore.

Karena Fani diklasifikasikan sebagai " badai siklon yang sangat parah" di India. Penjaga Pantai dan Angkatan Laut India mengerahkan kapal dan helikopter untuk operasi pertolongan dan penyelamatan.

Unit Angkatan Darat dan Angkatan Udara juga telah disiagakan di Odisha, Benggala Barat, dan Andhra Pradesh.

Mengutip laman Accuweather.com, cuaca India pada Kamis tercatat sebagai yang terpanas sepanjang tahun ini di sekitar kawasan pusat ibukota. Suhu tercatat 43,2 derajat celcius di Indira Gandhi International Airport.

Suhu yang sama tercatat di berbagai kota di India sejak Sabtu hingga Senin lalu. Diprediksi suhu ekstrem ini masih akan berbahaya setiap harinya selama sepekan ini terutama di India tengah dan utara.

 

1 dari 2 halaman

Proses Evakuasi

Sekitar 900 tempat perlindungan topan telah didirikan di Odisha untuk menampung para pengungsi dan sekolah ditutup sejak Kamis hingga Kamis.

Sementara itu, tim evakuasi mendatangi pintu rumah warga memperingatkan proses evakuasi.

" Mereka diberi tahu apa yang harus dibawa saat pergi dan tindakan pencegahan yang perlu diambil jika mereka tetap tinggal," kata Ameya Patnaik, asisten komandan Pasukan Penanggulangan Bencana Nasional (NDRF) di Odisha.

Evakuasi juga telah dimulai di provinsi tetangga Andhra Pradesh. Warga di Begal Barat juga telah diberitahu untuk siap pergi.

Nelayan telah diperingatkan untuk tidak melaut karena kondisi ekstrim.

 

2 dari 2 halaman

Lebih Besar Ketimbang Topan Nargis

Topan Fani, masih berada di sekitar 270 kilometer di lepas pantai India. Topan Fani menguat dengan cepat pada Senin dan Selasa.

Topan Fani di tahun ini disebut lebih kuat ketimbang Topan Tropis Nargis pada 2008.

Nargis juga menyerang Myanmar dengan kecepatan lebih dari 200 kilometer per jam. Membawa gelombang badai dahsyat dan membuat curah hujan tinggi yang menyebabkan kematian 100.000 orang warga Myanmar.

Fani merupakan topan tropis pertama tahun di Samudra Hindia utara.

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'