Penghina Nabi Muhammad Dibekuk Usai Cukur Rambut di Kebayoran

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Jumat, 22 Juni 2018 15:01
Penghina Nabi Muhammad Dibekuk Usai Cukur Rambut di Kebayoran
Setelah ditelusuri, Maswan diketahui tinggal di daerah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Dream - Warganet sedang heboh pada komentar akun Facebook bernama Maswan Kemit Jaya, yang diduga telah menghina Nabi Muhammad SAW. Setelah ditelusuri, Maswan diketahui tinggal di daerah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Indra Jafar membenarkan polisi telah menangkap Maswan pada Kamis, 21 Juni 2018 sekitar pukul 20.00 WIB.

" Sudah kita tangkap orangnya tadi malam dibantu masyarakat," kata Indra kepada Dream, Jumat 22 Juni 2018.

Indra menuturkan, Maswan ditangkap ketika hendak pulang ke rumahnya setelah memangkas rambut. Dia diduga ingin mengubah ciri-ciri wajahnya.

" Sepertinya habis potong rambut kali yah. Mungkin mau menghilangkan jejak kali potong rambut," ucap dia.

Saat ini, Maswan masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Metro Jakarta Selatan terkait perbuatannya. (ism) 

1 dari 2 halaman

Hina Nabi Muhammad, Artis Bollywood Dibui 26 Tahun

Dream - Seorang artis Bollywood kelahiran Pakistan, Veena Malik, dihukum 26 tahun penjara karena dilaporkan menghina Nabi Muhammad.

Bersama suaminya, Asad Bashir Khan, Veena tampil dalam sebuah reality showmemparodikan pernikahan putri Nabi Muhammad.

" Tindakan berbahaya dari pelaku dikhawatirkan memicu sentimen umat Islam di seluruh dunia. Tindakannya itu menyakiti perasaan, yang tidak bisa dianggap enteng, dan harus ada batasan terhadap tindakan tendensius itu," demikian bunyi putusan pengadilan dilansir Telegraph, Jumat 28 November 2014.

Veena, 30 tahun, yang saat ini tinggal di Dubai menyatakan, tidak percaya bisa mendapat hukuman dari penampilannya itu.

" 26 tahun! Ayolah, 26 tahun itu seperti hukuman seumur hidup," kata dia kepada Gulf News.

Meskipun kaget, Veena mengaku akan kembali ke Pakistan dan mengajukan banding atas keputusan pengadilan itu.

" Aku yakin pada pengadilan tinggi di Pakistan. Saat keputusan final diambil, baru aku merasa adil. Aku yakin tidak ada hal yang buruk yang akan terjadi."

Dalam acara yang disiarkan pada pagi di bulan Mei itu, Veena terlihat berjoget dengan suaminya. Sementara seorang musisi menyanyikan lagu yang menceritakan suasana pesta pernikahan putri Nabi Muhammad. (Ism)

2 dari 2 halaman

Turki Perintahkan Facebook Tutup Halaman Penghina Nabi

Dream - Pengadilan Turki memerintahkan Facebook untuk memblokir halaman yang melecehkan Nabi Muhammad. Jika perintah ini tidak dilaksanakan, maka pemerintahan Recep Tayyip Erdogan akan menutup laman media sosial itu di Turki.

Dikutip Dream dari laman Al Arabiya, Selasa 27 Januari 2015, keputusan itu diambil setelah jaksa Turki menyelidiki sebuah halaman di Facebook, menyusul serangan kantor majalah satire Prancis, Charlie Hebdo, pada 7 Januari lalu.

Pada edisi perdana, setelah serangan yang menewaskan 12 orang itu, Charlie Hebdokembali memuat gambar kartun yang disebut sebagai Nabi Muhammad. Terang saja pemuatan kartun itu menyulut kemarahan umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Turki.

Meski terdapat reaksi keras, sebuah koran harian di Turki, Cumhuriyet, mencetak kartun serupa dengan niat menunjukkan solidaritas kepada Charlie Hebdo. Sehingga, jaksa Turki segera melakukan penyelidikan terhadap dua kolumnis Cumhuriyet yang memuat kartun kontroversial dalam kolom mereka.

Juga bulan ini pula, sebuah pengadilan di Kota Diyarbakir memutuskan untuk memblokir akses ke halaman web yang menunjukkan sampul terbaru Charlie Hebdo itu.

Pada tahun sebelumnya, pemerintah Turki telah banyak memblokir laman jejaring sosial. Twitter dan YouTube menjadi laman yang merasakan pemblokiran itu pada tahun lalu, setelah kedua laman itu dipakai oleh lawan politik Presiden Erdogan untuk mengirimkan dugaan skandal korupsi dalam lingkaran dalam Istana.

Beri Komentar