Amalan-amalan yang Diganjar Sebesar Pahala Berhaji

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 18 Maret 2018 18:01
Amalan-amalan yang Diganjar Sebesar Pahala Berhaji
Meski begitu, tetap kuatkan niat agar bisa melaksanakan haji.

Dream - Ibadah haji mengandung banyak keutamaan. Salah satunya adalah ganjaran pahala yang berlipat kali.

Tetapi, umat Islam banyak yang menghadapi kendala dalam melaksanakan haji. Mereka terbentur persoalan biaya yang jelas tidak sedikit.

Bagi yang belum bisa berhaji, jangan bersedih. Ada sejumlah amalan yang diganjar pahala haji. Meski begitu, kita tetap harus berniat bisa melaksanakan haji.

Amalan itu adalah sholat lima waktu dengan berjemaah di masjid. Dasar dari amalan ini adalah riwayat Thabrani dari Abu Umamah RA, dari Rasulullah Muhammad SAW.

" Siapa yang berjalan menuju shalat wajib berjama’ah, maka ia seperti berhaji. Siapa yang berjalan menuju shalat sunnah, maka ia seperti melakukan umrah yang sunah."

Amalan selanjutnya yaitu mengerjakan sholat isyraq. Caranya dengan rutin berjemaah sholat subuh di masjid, lalu berdiam untuk berzikir, dilanjutkan mendirikan sholat dhuha di awal waktu.

Dasarnya adalah hadis riwayat Thabrani, dari Abu Umamah RA, dari Rasulullah SAW.

" Barangsiapa yang mengerjakan shalat shubuh dengan berjama’ah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan shalat Sunnah Dhuha, maka ia seperti mendapat pahala orang yang berhaji atau berumroh secara sempurna."

Amalan berikutnya, hadir di majelis ilmu di masjid. Dasarnya adalah hadis riwayat Thabrani, dari Abu Umamah RA, dari Rasulullah SAW.

" Siapa yang berangkat ke masjid yang ia inginkan hanyalah untuk belajar kebaikan atau mengajarkan kebaikan, ia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna hajinya."

Amalan lainnya, silakan simak pada tautan ini.

Beri Komentar
Detik-Detik Jokowi Umumkan Kabinet Indonesia Maju