Cara `Mengintip` Calon Pasangan Ketika Taaruf?

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 10 Desember 2017 18:02
Cara `Mengintip` Calon Pasangan Ketika Taaruf?
Bagi kamu yang berta'aruf, perhatikan ketentuan ini.

Dream - Menikah tentu menjadi keinginan setiap orang. Bahkan bagi umat Islam, menikah dianggap menyempurnakan separuh agama.

Sebelum pernikahan, seorang Muslim dianjurkan menjalankan prosesi ta'aruf. Hal ini untuk mengenali bagaimana sebenarnya kondisi fisik dari calon pasangan yang akan dinikahi.

Prosesi ini dijalankan karena ada larangan bagi lawan jenis bukan mahram untuk saling melihat fisik masing-masing. Larangan ini tidak berlaku jika diniatkan untuk ta'aruf.

Jumhur ulama pun menyatakan melihat secara langsung calon pasangan hukumnya sunah. Meski begitu, ada sekelompok ulama yang menyatakan hal ini adalah perkara yang dibolehkan.

Lantas bagaimana cara melihatnya, agar tidak melanggar batas?

Dikutip dari laman rumah fiqih Indonesia, Ustaz Ahmad Sarwat Lc menjelaskan ada sejumlah ketentuan yang harus diperhatikan saat melihat calon pasangan. Pertama, diniatkan untuk menikah.

Pria yang dibolehkan melihat calon pasangannya hanyalah yang benar-benar berniat untuk menikah. Jika sekadar ingin melihat tanpa ada niat menikah, maka tidak dibolehkan.

Ulama tiga mazhab yaitu Maliki, Syafi'i, dan Hambali menetapkan niat yang teguh untuk menikah sebagai syarat melihat lawan jenis. Meski begitu, mazhab Hanafi hanya membatasi pada adanya keinginan untuk menikah.

Bagian yang dibolehkan untuk dilihat seorang pria adalah wajah dan tangan si calon istrinya. Lebih dari itu, tidak dibolehkan.

Selain itu, hanya dibolehkan melihat tanpa menyentuh. Jumhur ulama mengharamkan persentuhan kulit antara pria dan wanita bukan mahram.

Selengkapnya...

 

Beri Komentar
6 Pahlawan Nasional 2018