Saat di Tanah Suci, Berziarahlah ke Tiga Makam Ini

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 8 Desember 2017 14:01
Saat di Tanah Suci, Berziarahlah ke Tiga Makam Ini
Ketiga makam ini tidak hanya bernilai spiritual, namun mengandung sejarah agung.

Dream - Mekah dan Madinah merupakan dua situs suci bagi umat Islam. Dua kota ini merupakan lokasi pertama kalinya ajaran Islam disebarkan ke seluruh dunia.

Dalam Islam, ziarah kubur merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Amalan ini menyimpan manfaat untuk mengingatkan manusia akan datangnya mati.

Selain itu, juga untuk mendoakan para jenazah yang telah terkubur di dalamnya. Ini agar si mayit mendapatkan berkah dari setiap doa yang dipanjatkan kepada Allah untuknya.

Di Mekah dan Madinah sendiri ada banyak sekali makam para sahabat yang telah berjasa menyebarkan agama Islam. Untuk itu, dianjurkan kita berziarah ke tiga makam saat berada di Tanah Suci.

Makam pertama yang perlu dikunjungi adalah Makam Rasulullah Muhammad SAW. Makam ini terletak di kompleks Masjid Nabawi, Madinah. Lokasinya dekat dengan Raudhah.

Makam Rasulullah Muhammad SAW© media.ihram.asia

Ada hikmah di balik ziarah ke Makam Rasulullah. Setiap Muslim yang berziarah ke Makam Rasulullah akan mendapatkan syafa'at di hari akhir kelak, sesuai hadits riwayat Al Daruquthni dan Al Bazzar.

Barangsiapa yang berziarah ke makamku, dia berhak mendapatkan syafa'atku.

Makam kedua adalah pemakaman Baqi'. Komplek pemakaman yang berada dekat dengan Masjid Nabawi ini merupakan tempat istimewa di hati Rasulullah.

Pemakaman Baqi'© rabbanitour.com

Ini karena pemakaman Baqi' merupakan tempat peristirahatan terakhir para sahabat semasa Rasulullah masih hidup. Rasulullah pun pernah mendoakan seluruh jenazah di pemakaman Baqi' agar mereka mendapat ampunan dari Allah SWT.

Sedangkan makam ketiga adalah makam para syuhada Perang Uhud. Makam ini terletak di bukit Uhud, 5 kilometer arah utara Masjid Nabawi.

Makam Syuhada Uhud© Citymadinah.com

Di makam ini terdapat 70 jenazah para syuhada yang meninggal dalam pertempuran Uhud. Bahkan, Rasulullah pun menyatakan Uhud adalah tempat istimewa, dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, dari 'Aisyah RA.

Uhud mencintai kami dan kami juga mencintainya.

Selengkapnya... (ism) 

Beri Komentar