Doa Rasulullah di Akhir Tahun dan Menyambut Muharram

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 10 September 2018 17:01
Doa Rasulullah di Akhir Tahun dan Menyambut Muharram
Pergantian tahun merupakan momen yang tepat untuk memohon ampunan.

Dream - Usia 1439 Hijriah tinggal beberapa jam lagi. Insya Allah, pada Maghrib nanti, kalender Islam masuk tanggal 1 Muharram 1440 H.

Momen pergantian tahun Hijriah, alangkah baiknya dimanfaatkan untuk pertobatan. Banyak amalan sunnah bulan muharram bisa dijalankan. Salah satunya memohon ampun atas dosa di tahun lalu serta berharap semakin banyak pahala di tahun depan.

Jelang akhir tahun, kita dianjurkan untuk membaca doa ini.

 Doa akhir tahun

Allahumma ma 'amiltu min 'amalin fî hadzihis sanati ma nahaitani 'anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîha 'alayya bi fadhlika ba'da qudratika 'ala 'uqubatî, wa da'autani ilat taubati min ba'di jara'atî 'ala ma'shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirli wa ma 'amiltu fîha mimma tardha, wa wa'attani 'alaihits tsawaba, fa as'aluka an tataqabbala minni wa la taqtha' raja’i minka ya karim.

Artinya,

" Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah."

Tidak ada ketentuan pasti kapan waktu yang tepat membaca doa ini. Sangat dianjurkan dibaca akhir bulan Dzulhijjah.

2 dari 2 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
BTS Pecahkan Rekor Sendiri karena Album Baru