Kalimat Ini Sebaiknya Dihindari Saat Doa

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 8 September 2018 18:02
Kalimat Ini Sebaiknya Dihindari Saat Doa
Allah mengabulkan doa seusai kehendak-Nya.

Dream - Doa merupakan sarana komunikasi antara seorang Muslim dengan Allah SWT. Lewat doa, seseorang dianjurkan untuk meminta segala keperluannya.

Mungkin kita pernah mendengar seseorang mengucapkan kalimat ini saat berdoa, 'Ya Allah, kabulkanlah doaku jika Engkau berkenan'. Ada juga yang mengucapkan langsung pada keinginannya seperti 'Ya Allah, kami memohon rumah baru jika Engkau berkenan'.

Kalimat ini terdengar biasa dan mungkin kita menganggapnya wajar. Padahal, sebenarnya semacam ini harus dihindari.

Dikutip dari Islami.co, Rasulullah Muhammad SAW menyampaikan kalimat semacam itu ternyata tidak disukai oleh Allah SWT. Hal ini tertuang dalam hadis riwayat Bukhari.

Rasulullah SAW bersabda, " Apabila salah seorang dari kalian berdoa, hendaklah ia sungguh-sungguh dalam memohon dan janganlah ia mengucapkan, 'Ya Allah jika Engkau berkenan maka berilah aku'. Karena sesungguhnya tidak ada yang dapat memaksa-Nya."

 

1 dari 1 halaman

Dihukumi Haram dan Makruh

Dream - Pakar tafsir Ibnu Abdil Barr menjelaskan kata-kata seperti 'Jika Engkau berkenan' sebaiknya tidak digunakan. Ada unsur paksaan dalam kalimat itu, sementara Allah tidak bisa dipaksa.

Jika kalimat itu digunakan, orang yang mengucapkannya seolah-olah menganggap Allah tidak menyukai doanya. Sehingga, dia sudah berpikir doanya tidak terkabul.

Padahal, Allah sangat senang jika hamba-Nya rajin berdoa. Jika tidak mau berdoa, seorang hamba tergolong kepada orang yang sombong.

Bahkan Ibnu Abdil Barr secara tegas menyatakan haram hukumnya kalimat 'Jika Engkau berkenan' diucapkan dalam doa. Berbeda dengan Imam Nawawi yang cukup menghukuminya dengan makruh.

Selengkapnya...

(ism)

Beri Komentar