Berdoa Meminta Keinginan yang Mustahil, Bisakah?

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 7 September 2018 20:01
Berdoa Meminta Keinginan yang Mustahil, Bisakah?
Dalam berdoa, ada adab yang patut diperhatikan.

Dream - Allah SWT adalah Maha Segalanya. Semua bisa terwujud jika Allah berkenan.

Allah juga bisa mengabulkan keinginan hamba-Nya yang dipanjatkan lewat doa. Sekali lagi, jika Allah berkenan mengabulkannya.

Tentunya, manusia boleh meminta apa saja kepada Allah. Tetapi, bagaimana jika permintaan tersebut tampak mustahil seperti kekayaan dalam sekejap atau kepandaian tanpa belajar?

Dikutip dari NU Online, umat Islam dianjurkan berdoa memohon apapun kepada Allah. Doa juga merupakan bagian dari ikhtiar yang bernilai ibadah.

Banyak ayat Alquran yang berisi perintah untuk berdoa. Beberapa di antaranya seperti Surat Al Baqarah ayat 186.

" Jika hamba-Ku bertanya perihal-Ku, maka (katakanlah) bahwa Aku dekat. Aku memenuhi seruan orang yang berdoa jika ia memanggil-Ku. Karenanya, hendaklah mereka memenuhi panggilan-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku agar mereka mendapat petunjuk."

 

1 dari 1 halaman

Bebas Minta Apapun, Tetapi

Kita bebas meminta apapun kepada Allah. Termasuk juga meminta hal yang mustahil.

 Makna di Balik Pentingnya Berdoa© MEN

Namun demikian, setiap Muslim patut memperhatikan salah satu adab dalam berdoa yaitu meminta sesuatu yang tidak lazim. Contohnya, kekayaan dalam waktu singkat tanpa kerja keras, sukses karier dalam waktu cepat, menguasai keterampilan tertentu tanpa latihan, maupun hidup sehat tanpa olahraga.

Syeikh M Ibrahim Al Baijuri dalam Tuhfatul Murid ala Jauharatit Tauhid menjelaskan demikian.

" Seyogianya tidak meminta sesuatu yang mustahil dalam doa, meski pun mustahil secara adat karena doa seperti itu serupa dengan memutuskan sesuka hati atas kuasa-Nya yang memutuskan keabadiannya. Doa seperti merupakan su’ul adab (tidak sopan) terhadap Allah,"

Selengkapnya...

Beri Komentar