Masya Allah, Polisi Madiun Ini 10 Tahun Besarkan 64 Anak Yatim

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 23 November 2017 10:00
Masya Allah, Polisi Madiun Ini 10 Tahun Besarkan 64 Anak Yatim
Brigadir Rochmat membesarkan semua anak asuhnya dengan biaya sendiri.

Dream - Prestasi tidak hanya bisa diraih berdasarkan bakat atau karier. Seseorang bisa meraih prestasi di bidang lain, salah satunya sosial kemasyarakatan.

Inilah yang diraih anggota Brimob Detasemen C Pelopor Polda Jawa Timur, Brigadir Rochmat Tri Marwoto. Rochmat yang bertugas di lingkungan Polres Madiun ini punya prestasi luar biasa dengan menjadi orangtua asuh 64 anak yatim.

 Brigadir Rochmat© dream.co.id

" Saya sudah bertekad untuk menyekolahkan anak-anak sampai pendidikan yang lebih tinggi, agar ke depan bisa memiliki bekal hidup yang lebih baik. Jadi di rumah itu ya saya asuh seperti anak saya sendiri," ujar Rochmat, dikutip dari madiuntoday.id, Kamis 22 November 2017.

1 dari 2 halaman

Rawat Mulai Balita Hingga Mahasiswa

Pria asal Desa Klagen Serut, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, ini punya semangat tinggi untuk mengasuh anak yatim. Hal itu mulai dia lakukan sejak 2007.

Bersama istrinya, Rochmat merawat 64 anak yatim dan membiayai pendidikan mereka mulai TK hingga perguruan tinggi. Saat ini, ada 17 anak yang masih diasuh, sementara lainnya sudah mandiri.

Anak asuh Rochmat tidak hanya berasal dari Madiun, melainkan dari Magetan, Pacitan, hingga Nganjuk. Dari 17 anak itu, tujuh anak menempuh pendidikan di perguruan tinggi, enam anak duduk di bangku SMA, dua anak di bangku SMP, dan sisanya masih balita.

" Semampu saya lah, semuanya ya saya biayai sendiri, tidak ada donatur. Jadi sepulang dinas saya ngajar di sekolahan kemudian berkebun," kata dia.

 

2 dari 2 halaman

Diganjar Penghargaan

Prestasi Rochmat dalam membesarkan anak-anak asuhnya mendapat apresiasi dari Komandan Satuan Brimob Polda Jatim, Kombes Pol Totok Lisdiarto, dalam bentuk penghargaan.

" Dia itu bisa mengumpulkan anak-anak kurang mampu dan terlantar, itu luar biasa," kata Totok.

Selain itu, Totok juga kagum pada inisiatif Rochmat yang memelopori program bedah rumah. " Termasuk bedah rumah itu juga atas usulannya," ucap dia menambahkan.

Beri Komentar